Jakarta (ANTARA) - Spanyol menang 1-0 atas tuan rumah Jepang berkat gol pemain pengganti Marco Asensio sehingga menghadapi Brazil dalam laga final sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020.

Hari ini tuan rumah Jepang menghadapi Spanyol pada semifinal Olimpiade Tokyo 2020 di Saitama Stadium 2020.

Mengutip laman Olympics.com, pada babak pertama, Spanyol mendominasi pertandingan. La Furia Roja menguasai penguasaan bola hingga 66 persen, sedangkan Jepang hanya 33 persen.

Meski begitu, Spanyol kurang efektif memanfaatkan keunggulan penguasaan bola mereka dan tidak memiliki banyak peluang.

Satu-satunya peluang datang dari sepakan Rafa Mir yang ditangkap kiper Jepang Kosei Tani. Sebaliknya, Jepang beberapa kali menebar ancaman lewat aksi Ritsu Doan dan Takefusa Kubo.

Baca juga: Brazil melaju ke final seusai menang atas Meksiko lewat adu penalti

Namun, penyelesaian akhir yang buruk dari kedua tim membuat babak pertama berakhir tanpa gol.

Selepas turun minum, Spanyol masih tetap mendominasi penguasaan bola.

Pada menit ke-57, Maya Yoshida melakukan tekel kepada Rafa Mir di kotak penalti. Wasit awalnya memberi penalti untuk Spanyol dan memberi kartu kuning untuk Yoshida.

Namun, wasit membatalkan keputusannya setelah meninjau ulang pelanggaran tersebut melalui VAR. Hukuman kartu kuning untuk Maya Yoshida juga ditarik.

Spanyol menambah daya serang dengan memasukkan Marco Asensio pada menit ke-86. Sayang, penyelesaian akhir mereka masih buruk.

Baca juga: Spanyol ke semifinal usai gasak Pantai Gading 5-2

Skor 0-0 bertahan sampai babak kedua selesai sehingga laga harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Laga semakin berjalan lamban pada babak tambahan pertama di man kedua tim gagal membuat peluang besar. Pada babak tambahan kedua, giliran Jepang tampil lebih menyerang. Namun, satu serangan dari Spanyol memecah kebuntuan.

Berawal dari Mikel Oryarzabal di sisi kanan, dia langsung memberikan umpan kepada Marco Asensio. Pemain Real Madrid itu melepas sepakan kaki kiri yang tak dapat dijangkau kiper Jepang, Korsei Tani. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Spanyol akan memperebutkan medali emas dengan Brazil yang sudah mengalahkan Meksiko dalam semifinal lainnya, sedangkan Jepang akan menghadapi Meksiko untuk merebut medali perunggu.

Baca juga: Jadwal Olimpiade sepak bola: Meksiko vs Brazil, Jepang tantang Spanyol

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021