Lisabon (ANTARA News/Reuters) - Pembalap yang dipastikan sebagai juara dunia baru MotoGP Jorge Lorenzo akan memulai Grand Prix Portugal dari posisi start terdepan setelah kualifikasi di Estoril, Sabtu, ditiadakan karena hujan lebat dan angin yang kencang.

Pembalap Yamaha itu menjadi yang tercepat dalam sesi latihan, meskipun mengalami kecelakaan pada Sabtu pagi, dengan gabungan waktu dari sesi sebelumnya menentukan posisi start untuk balapan hari Minggu itu.

Panitia mula-mula menunda kualifikasi tersebut dan kemudian meniadakan harapan untuk bisa memulai kualifikasi setelah mengeluarkan "safety car" untuk memeriksa kondisi trek, dengan banyaknya genangan air di lintasan.

Pembalap AS Nicky Hayden akan memulai balapan dari posisi kedua dengan Ducati-nya, di depan rekan setim Lorenzo dan juara sebelumnya Valentino Rossi.

Lorenzo, pembalap Spanyol yang akan memulai balapan dari posisi terdepan untuk ketujuhkalinya pada musim ini, memastikan gelar kejuaraan dunia itu dengan sisa tiga balapan lagi saat di Malaysia awal bulan ini.

Kualifikasi untuk kelas 125cc dan Moto2 juga dibatalkan.

Pembalap Inggris Raya Bradley Smith menempati posisi start terdepan pada kelas 125cc, sementara pembalap Hungaria Gabor Talmacsi di posisi terdepan untuk pertamakalinya tahun ini di Moto2.

(I015/Z002/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010