WallStreetdibuka naik usai rilis laporan klaim pengangguran AS

WallStreetdibuka naik usai rilis laporan klaim pengangguran AS

Ilustrasi: Pialang menggunakan masker sedang bekerja di lantai Bursa Efek New York, Wall Street, AS (REUTERS)

New York (ANTARA) - Saham-saham di Bursa Efek New York, Wall street, Amerika Serikat, meningkat pada perdagangan Kamis pagi waktu setempat, karena investor menguraikan angka klaim pengangguran di negara itu.

Sesaat setelah bel pembukaan, Indeks Dow Jones Industrial Average menanjak 139,34 poin, atau 0,40 persen, menjadi 34.932,01. Indeks S&P 500 meningkat 13,80 poin atau 0,31 persen menjadi 4.416,46. Indeks Komposit Nasdaq bertambah 46,99 poin, atau 0,32 persen, menjadi 14.827,52.

Sepuluh dari 11 sektor utama Indeks S&P 500 menguat pada perdagangan pagi, dengan sektor keuangan naik 0,9 persen, melampaui sisanya. Sedangkan sektor perawatan kesehatan tergelincir 0,6 persen, menjadi satu-satunya kelompok yang menurun.

Reaksi pasar tersebut muncul karena data menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran pertama kali turun minggu lalu.

Departemen Tenaga Kerja melaporkan pada hari Kamis bahwa klaim pengangguran awal AS, sebuah cara kasar untuk mengukur PHK, tercatat 385.000 dalam pekan yang berakhir 31 Juli, turun 14.000 dari level revisi minggu sebelumnya. Angka tersebut kira-kira sejalan dengan perkiraan pasar.

Pada hari Rabu, saham-saham AS sebagian besar ditutup lebih rendah setelah perusahaan data penggajian Automatic Data Processing (ADP) mengatakan perusahaan swasta AS menambahkan 330.000 pekerjaan pada Juli, jauh di bawah perkiraan analis.

Laporan ketenagakerjaan bulanan yang diawasi lebih ketat oleh Biro Statistik Tenaga Kerja Departemen Tenaga Kerja dijadwalkan pada hari Jumat, yang akan mencakup data ketenagakerjaan dari sektor swasta dan pemerintah.

Penerjemah: Risbiani Fardaniah
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar