Milan (ANTARA News) - Inter Milan, Real Madrid paling berpeluang disaat beberapa tim Eropa lain akan berjuang keras minggu ini agar lolos dari babak penyisihan menuju sistem gugur Liga Champions yang akan dimainkan serentak di beberapa kota.

Tujuh tim dapat maju ke putaran 16 besar dengan sisa dua pertandingan dan kemenangan serta hasil seri pada laga grup amat dibutuhkan klub elit dunia pada kompetisi itu.

Inter sebelumnya mengalahkan Tottenham Hotspur 4-3 di kandang sendiri pada pertandingan menarik di Grup A dan bila penyandang gelar juara itu berhasil mengalahkan klub Inggris itu Selasa maka mereka akan melaju tergantung dari hasil laga Werder Bremen dan Twente Enschede.

Tim Rafael Benitez itu menang 4-0 dalam waktu 35 menit dua minggu lalu sebelum Gareth Bale membuat hatrik atas Spurs.

Kendati pelatih Inter berharap timnya yang sedang didera cedera dapat memperkuat pertahanan di White Hart Lane, tetapi kenyataannya mereka harus menyerang karena serangan merupakan pertahanan terbaik.

Jose Mourinho menerapkan bermain bertahan musim lalu, ketika ia membawa Inter meraih gelar Liga Champions, tetapi timnya saat ini Real Madrid di kadang sendiri mengalahkan AC Milan bulan lalu dengan kemenangan mudah 2-0.

Tokoh dari Portugal itu bisa saja merencakan permain menyerang di San Siro Rabu dalam usaha membawa Real ke jenjang kemenangan keempat di Grup G, sehingga mereka dapat maju ke putaran sistem gugur Februari mendatang.

Pulihnya kondisi fisik Cristiano Ronaldo, yang mencetak dua gol Sabtu ketika menang 3-1 di Hercules, merupakan alasan keyakinan tim sembilan kali juga itu -- seperti halnya Milan yang kalah 1-2 atas

Juventus pada laga Seri A minggu ini.

"Saya dalam kompsisi puncak dan dapat turun lapangan seperti biasa," kata Ronaldo kepada wartawan.

Maestro Messi

Lionel Messi memiliki perseteruan pribadi dengan Ronaldo dalam usaha mereka tampil bersinar di kompetisi La Liga dan persaingan itu bisa belanjut ke kompetisi Liga Champions dan maestro Barcelona itu kelihatannya akan tampil berbahaya seperti biasanya.

Dua gol membuat Barca menang kandang atas FC Copenhagen pada laga terakhir Grup D dan pemain Argentina itu Sabtu menunjukkan kiprahnya ketika timnya menang 5-0 di Sevilla.

Kemenangan di ibukota Denmark itu pada Selasa akan membawa Barca melaju dari penyisihan grup dan kemungkinan Messi dapat istirahat pada dua laga grup.

Runner-up musim lalu Bayern Munich, dengan kemenangan 3-2 atas CFR Cluj dua minggu lalu, meneruskan kiprah mereka kali ini, tetapi ini berarti dua tim teratas Grup E harus mendapatkan minimal satu poin pada pertandingan Rabu.

Arsenal, Chelsea dan Olympique Lyon juga memiliki sembilan poin dari kemungkinan sembilan dan tim asuhan Arsene Wenger terbanyak mencetak gol, 14 gol. Ketiga tim menunggu waktu untuk maju minggu ini dan hasil seri sudah cukup bagi tim Prancis itu.

"Kami sudah matang," kata Wenger, dengan menambahkan bahwa Cesc Fabregas dikhawatirkan dapat tampil Rabu pada pertandingan Grup H melwan Shakhtar Donetsk.

"Anda bisa melihat bila rencana kami tidak jalan, para pemain tetap tenang seperti sebelumnya," katanya.

Pimpinan Grup F Chelsea akan menjamu Spartak Moscow, Rabu, sedangkan sebelum Selasa pimpinan Grup B Lyon beranjangsana ke klub Portugal, Benfica.

Manchester United yang berada di puncak klasemen grup akan bertanding ke klub Turki, Bursaspor, yang akan melakukan pertandingan penting mereka, dan berada di urutan paling bawah klasemen dengan tanpa poin.

Penyerang United Wayne Rooney lagi-lagi tidak dapat turun lapangan karena mengalami cedera pergelangan kaki. (*)

Reuters/A008/a032

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010