Pemberian oksigen secara gratis ini merupakan bentuk komitmen Polda Jambi untuk turut memikirkan solusi atas kesulitan yang dihadapi masyarakat terkait kelangkaan oksigen beberapa waktu terakhir.
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan pulp dan kertas, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas melalui pilar usahanya PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry (LPPPI) memberikan bantuan oksigen cair untuk penanganan COVID-19 di Jambi.

Bekerja sama dengan Polda Jambi, LPPPI menyalurkan 150 tabung oksigen per hari untuk mengantisipasi lonjakan permintaan oksigen di Provinsi Jambi. Jumlah yang telah diperbantukan mulai dari Juli hingga Agustus 2021 mencapai 652 tabung oksigen.

"Pemberian oksigen secara gratis ini merupakan bentuk komitmen Polda Jambi untuk turut memikirkan solusi atas kesulitan yang dihadapi masyarakat terkait kelangkaan oksigen beberapa waktu terakhir," kata Kapolda Jambi Irjen Pol A. Rachmad Wibowo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Kepala Polri beri bantuan 50 tabung oksigen kepada Pemkot Tarakan

Untuk memudahkan distribusi oksigen, Polda Jambi melalui Direktorat Lalu Lintas mengawal langsung bantuan oksigen cair dari LPPPI agar bisa cepat sampai tujuan.

Kapolda Rachmad berharap perusahaan lain turut berpartisipasi terhadap penanganan pandemi CÒVID-19 salah satunya untuk menjaga ketersediaan oksigen di Provinsi Jambi.

Sementara itu, Kasatgas Kawal Oksigen Polda Jambi Kombes Pol Sigit Dany Setiyono menyampaikan kegiatan ini hasil koordinasi Polda Jambi dan dunia usaha dalam penanganan COVID-19 yang terintegrasi.

"Kami berkoordinasi lintas stakeholder, dan alhamdulillah terima kasih kepada perusahaan dan pihak yang melancarkan kegiatan kemanusiaan ini," ungkapnya.

Baca juga: BI beri bantuan 5.700 tabung oksigen penanganan COVID-19

Dia mengatakan untuk distribusinya sendiri, Polda Jambi akan melakukan pengawasan dengan ketat dengan menempatkan Satuan Lalu Lintas Polda Jambi untuk melakukan pengawalan agar distribusi oksigen aman dan lancar ke simpul-simpul rumah sakit yang membutuhkan.

"Kami akan terus berkoordinasi menentukan berapa banyak oksigen yang dibutuhkan juga terhadap PT LPPPI agar seluruhnya lancar tanpa kendala," tambah Sigit.

Di samping itu, ia juga mengimbau masyarakat Jambi agar terus mematuhi protokol kesehatan. Ia juga mengajak masyarakat untuk bahu membahu memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan menaati protokol kesehatan serta menjaga imunitas tubuh.

"Mari kita sama-sama tegakkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Kita juga jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang COVID-19," pungkas Sigit.



 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021