Jakarta (ANTARA) - Festival Film Internasional San Sebastian Spanyol akan memberikan penghargaan kepada aktor Johnny Depp dengan Penghargaan Donostia.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, Senin, Johnny Depp mendapatkan penghargaan Donostia dari San Sebastian Spanyol yang merupakan penghargaan pencapaian seumur hidup. Dengan penghargaan ini, Johnny pun dinilai telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi dunia film.

Namun, hal ini mengundang kontroversi dari publik. Sebab, Johnny sempat melayangkan gugatan pencemaran nama baik terhadap salah satu tabloid di Inggris danm pengadilan pun telah mengumumkan bahwa Johnny terbukti melakukan tindak kekerasan pada mantan istrinya.

Hal ini pun kemudian sempat menjadi alasan Warner Bros mengeluarkan Johnny dari franchise Fantastic Beasts dan menggantikannya dengan Mads Mikkelsen sebagai penyihir jahat Grindelwald.

Meskipun demikian, San Sebastian tetap memberikan Penghargaan Donostia ini kepada aktor legendaris tersebut. Dia akan menerima penghargaan tersebut di San Sebastian pada Rabu 22 September mendatang.

Sebelumnya, penerima dari Penghargaan Donostia Award ini adalah Viggo Mortensen yang telah mempersembahkan debut penyutradaraannya, Falling, di San Sebastian pada tahun 2020.

San Sebastian memperkenalkan Penghargaan Donostia pada tahun 1986, dengan legenda akting Gregory Peck sebagai penerima pertamanya. Pemenang sebelumnya juga termasuk Glenn Ford (1987), Bette Davies (1989), Lauren Bacall (1992), Anthony Hopkins (1998) dan Glenn Close (2011).

Festival Film San Sebastian yang ke-69 akan digelar pada tanggan 17 hingga 25 September mendatang.

Baca juga: Johnny Depp diizinkan ungkap jumlah uang cerai yang didonasikan Heard

Baca juga: Film Johnny Depp "Minamata" tayang streaming Agustus

Baca juga: Johnny Depp kalah lagi di Pengadilan Banding


Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021