Kabul (ANTARA News/AFP) - Jumlah tentara asing yang tewas dalam perang di Afghanistan selama tahun ini meningkat menjadi 615 orang, pada Rabu ketika seorang prajurit yang bertugas di wilayah utara yang relatif aman tewas, kata Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Pasukan Bantuan Keamanan Internasional NATO (ISAF) mengatakan, prajurit tersebut "meninggal setelah terjadi serangan gerilyawan di Afghanistan utara."

ISAF tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai peristiwa itu.

AFP mencatat jumlah serdadu asing yang tewas berperang dengan gerilyawan yang dipimpin Taliban selama tahun ini menjadi 615, berdasarkan perhitungan laman independen icasualties.org.

Jumlah tersebut adalah tertinggi, karena pada 2009 seluruh korban tewas pasukan asing yang dipimpin NATO 521.

NATO dan Amerika Serikat telah mengirim sekitar 150.000 tentara ke Afghanistan untuk memerangi pemberontakan, yang kini memasuki tahun ke-sepuluh.

Gerilyawan mengkonsentrasikan serangan di wilayah bergolak selatan Kandahar dan provinsi Helmand - yang juga wilayah penghasil besar opium.

Namun pada saat keamanan memburuk, Taliban telah menyebarkan pengaruh mereka di seluruh atau sebagian besar negara, dan belakangan kekerasan di bagian utara tampak meningkat.(*)

(Uu.H-AK/H-RN/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010