Yogyakarta (ANTARA News) - Kegiatan akademik Universitas Islam Indonesia, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, diliburkan selama sepekan, menyusul semakin meningkatnya aktivitas Gunung Merapi.

"Keputusan itu merupakan hasil dari rapat pimpinan Universitas Islam Indonesia (UII). Rapat memutuskan meliburkan kegiatan akademik mulai hari ini hingga 12 November 2010," kata Rektor UII Edy Suandi Hamid di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, sesuai dengan kalender akademik UII, libur untuk mengantisipasi bencana Gunung Merapi selama sepekan itu, juga dilanjutkan dengan libur Idul Adha selama tiga hari pada 15-17 November 2010. Kegiatan akademik UII mulai aktif kembali pada 18 November 2010.

"Kesepakatan untuk meliburkan kegiatan akademik UII diambil setelah mempertimbangkan beberapa masukan dari berbagai pihak. Selain itu, faktor di lapangan juga menjadi pertimbangan untuk meliburkan kegiatan akademik UII," paparnya.

Ia mengemukakan, ada tiga hal yang mendasari keputusan itu, yakni sebagai wujud empati, menghindari dampak psikologis, dan menjaga sivitas akademik dari dampak abu vulkanik yang berbahaya bagi kesehatan.

Ia mengharapkan, para pimpinan UII baik di tingkat pusat maupun fakultas terus berkoordinasi untuk merespons perkembangan Gunung Merapi, dan mempersiapkan administrasi ketika kembali aktif.

Menurut dia, kegiatan yang bersifat administratif tetap berjalan sebagaimana biasanya. Namun, kantor administrasi khususnya untuk fakultas-fakultas yang berada di kampus terpadu UII dipindah ke kampus di Jalan Cik Di Tiro, Yogyakarta.

Kampus terpadu UII di Jalan Kaliurang Km 14,5 Sleman berjarak sekitar 20 kilometer dari puncak Merapi.
(B015*V001/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010