Jakarta (ANTARA News) - PT Astra International Tbk (ASII) membukukan laba bersih Rp10,4 triliun pada periode sembilan bulan pertama 2010, naik 46 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya Rp7,10 triliun.

Presiden Direktur ASII, Prijono Sugiarto di Jakarta Jumat mengatakan, kinerja yang bagus itu didukung karena fundamental ekonomi Indonesia yang tumbuh dengan kuat.

Kondisi ini, lanjut dia, mendorong sisi permintaan konsumen, meningkatnya investasi asing serta ketersediaan pembiayaan konsumen pada tingkat suku bunga yang menarik.

"Faktor itu membantu kinerja Astra hingga sembilan bukan pertama tahun ini kendati, terjadi penurunan penjualan otomotif pada bulan September karena hari kerja yang lebih pendek," ujarnya.

Sementara pendapatan bersih perusahaan juga mengalami kenaikan sebesar 35 persen pada kuartal ketiga tahun ini sebesar Rp95,03 triliun dibanding tahun sebelumnya yang sebesar Rp70,6 triliun.

Tercatat nilai aset perusahaan juga mengalami kenaikan menjadi Rp47,2 triliun atau 18 persen, dan nilai aset bersih per saham juga naik 18 persen menjadi Rp11.653.

Prijono mengatakan, tahun ini perusahaan akan memberikan dividen interim senilai Rp470 per saham, nilai tersebut meningkat dibanding tahun lalu yang sebesar Rp290.

"Kami akan bagi dividen tahun ini pada 15 November 2010," ujarnya.

(KR-ZMF/B012/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010