Yogyakarta (ANTARA News) - Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Senin pagi hingga pukul 10.00 WIB belum normal sejak ditutup penuh pada Jumat (5/11) akibat landasan pacu diselimuti abu vulkanik.

Bandara Adisutjipto Yogyakarta belum menampakkan adanya kegiatan penerbangan seperti adanya pesawat terbang yang tinggal landas maupun mendarat.

Aktivitas penumpang hanya terlihat ratusan calon penumpang yang antre untuk pegembalian uang tiket begitu juga belum dengan aktivitas calon penumpang.

"Kami diberi alternatif apakah uang akan dikembalikan utuh atau untuk booking penerbangan selanjutnya, tapi saya memilih dikembalikan uang karena saya akan ganti dengan naik kereta api saja," kata Wawan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang rencananya akan ke Jakarta dengan Lion Air pada Sabtu (6/11).

Executif Marketing PT Garuda Indonesia cabang Yogyakarta Endy Latief mengatakan pihaknya sampai dengan pukul 10.00 WIB ini belum menerima pemberitahuan dari "otority bandara", yakni PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta terkait dengan pengoperasionalan kembali bandara ini.

"Kemarin kami memang mendapat pemberitahuan jika bandara ditutup, dan sampai dengan saat ini kami belum menerima kembali pemberitahuan terkait pengoperasionalan kembali Bandara Adisutjipto," katanya.

Ia mengatakan, selain itu dari PT Garuda sendiri juga telah mengambil kebijakan untuk membatalkan seluruh penerbangan dari dan ke Yogyakarta hingga 9 November.

"Kami belum melakukan lagi penerbangan tujuan Bandara Adisutjipto, hingga 9 November nanti dan sampai kondisi benar-benar aman," katanya.

Sementara itu, loket penjualan tiket pesawat yang tutup diantaranya Merpati, Malaysia Airlines dan Batavia Airlines.

Sedangkan loket yang buka dan melayani pengembalian uang pembelian tiket dari para calon penumpang diantaranya Garuda, Air Asia, Expressair, Sriwijaya, Lion Air, Wing Air dan Mandala.

Di loket Garuda misalnya dibagian depan tertempel tulisan Garuda Indonesia semua penerbangan di batalkan.

Hal sama juga terdapat di loket Batavia yang terpampang tulisan Tidak Melayani Penerbangan dari dan Menuju Yogyakarta sampai 9 November.

Ratusan calon penumpang juga nampak mengantri di sejumlah loket untuk melakukan pengembalian uang pembelian tiket (refund).

Seperti diberitakan sebelumnya aktivitas di Bandara Adisutjipto Yogyakarta lumpuh akibat landasan pacu diselimuti abu vulkanik.

Sementara itu Manajer Operasional PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Halendra saat akan dikonfirmasi tidak dapat dihubungi.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010