Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo direncanakan membuka Pentas Seni yang digelar dalam rangkaian acara Gebyar 40 Tahun Gelanggang Remaja Bulungan Jakarta Selatan 1970-2010, Minggu pukul 10.00 WIB.

Menurut salah satu seniman acara ini, Noorca M. Massardi, Sabtu malam, peluncuran awal kegiatan yang melibatkan banyak seniman tersebut telah diselenggarakan pada Jumat lalu.

Dalam pentas seni selama sepekan ini digelar segala macam seni, meliputi seni rupa, tari, teater, dan sastra, kata Noorca.

Ditambahkan, acara ini diikuti para seniman terkenal yang lahir dari Gelanggang Remaja Bulungan Jakarta Selatan antara lain Non-O dan dan Yudhistira ANM Massardi.

Acara terbuka dan gratis untuk umum dan pelajar/remaja/pemuda, itu antara lain menyajikan karya-karya seni berupa: anyaman, arsitektur, batik sulam, batu akik, buku, cenderamata, desain grafis, fashion, fotografi, gerabah, instalasi.

Kemudian kaligrafi, karikatur, kartun, keramik, keris, komik, kriya, lukisan. Juga ada multimedia, patung, perangko, puisi rupa, relief, sastra, sketsa ilustrasi, teater, tenun, topeng, ukiran, wayang, dan lain-lain.

Adapun mata acara yang telah disiapkan antara lain Melukis Bareng Gerbong Kereta Api Bonek, Lomba Lukis, Body Painting, Lukis Langsung Selebriti, Sketsa Wajah oleh Ipe Maruf, Dimaz Praz, Didieth K.

Pembacaan Lukisan Puisi (Lukman SH), Sajakisah Lukisan (Erry Amanda dan Andi Bersama), Pikiranisasi Jungkirbalik (G.Widro Mansoer), Demo Gambar (Teguh Anka), Apresiasi Senirupa (Boedi Indera Cahaya, S Pri), Reggaenisasi lukisan (Toni Q), Kendangisasi (Ohan ADP), Demo Karikatur (Si Jon, Non-O, Aries Tanjung, dan Yan Praba), Demo Lukis Sepatu & Kaos (Muchlis Sardjana, dkk.), Multimedia (Anang W).

Pameran Fotografi (Roy Gengggam, Riana, Yitno, Toto Prawoto). Sketsa-sketsa (Si Toto, Herry Dim, Nobon). Demo Batik (Ineng CS, Qbro Pandamprana), Pantomisasi Senirupa (Joko Joker). Monologi Senirupa (Didi Hasyim dan Amien Kamil).

Selain itu, Diskusi/Apresiasi seni rupa dengan pembicara Muryoto Hartoyo, Radhar Panca Dahana dan Merwan Yusuf, dengan moderator Noorca M . Massardi.

Semua kegiatan ini mengambil tempat di seluruh arena Gelanggang Remaja Bulungan Jakarta Selatan. (*)

(ANT-267/Z002/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010