Formula 1

Aston Martin cabut permohonan banding terhadap diskualifikasi Vettel

Aston Martin cabut permohonan banding terhadap diskualifikasi Vettel

Pebalap tim Aston Martin Sebastian Vettel berada di podium Grand Prix Hungaria, Sirkuit Hungaroring, Budapest, setelah finis runner-up sebelum didiskualifikasi karena melanggar aturan bahan bakar. (1/8/2021) (ANTARA/Pool via REUTERS/Florion Goga)

Jakarta (ANTARA) - Tim Aston Martin pada Kamis mencabut permohonan banding yang mereka ajukan terhadap keputusan diskualifikasi Sebastian Vettel di Grand Prix Hungaria.

Vettel finis runner-up di Sirkuit Hungaroring setelah Esteban Ocon meraih kemenangan perdananya dalam Formula 1 bersama tim Alpine.

Akan tetapi sang pebalap Jerman didiskualifikasi karena FIA tak dapat mengambil sampel bahan bakar sedikitnya satu liter, sesuai regulasi, dari mobil Aston Martin bernomor 5 itu setelah balapan usai.

Baca juga: Aston Martin akan ajukan banding terhadap diskualifikasi Vettel

Aston Martin kemudian mengumumkan keinginan banding dan peninjauan ulang terhadap keputusan tersebut.

Laman resmi F1 mengungkapkan Senin, steward menolak permintaan tim itu setelah melihat bukti yang dibawa oleh Aston Martin termasuk bosnya Otmar Szafnauer dan menyebut fakta-fakta yang disajikan oleh tim itu, yang menyebutkan bahwa pompa bahan bakar menjadi penyebab berkurangnya bahan bakar, tidak relevan dengan keputusan awal.

Setelah keputusan steward tersebut, Aston Martin sempat mengatakan akan mempertimbangkan posisinya sehubungan dengan proses banding penuh, yang terpisah dari hak permintaan peninjauan ulang.

Namun, pada Kamis mereka memutuskan tidak akan mengejar perkara itu lebih jauh.

Baca juga: Langgar aturan bahan bakar, Vettel kena diskualifikasi di GP Hungaria

"Setelah mempertimbangkan posisi kami dan setelah mencermati putusan steward bahwa ada bukti baru yang jelas tentang kegagalan sistem bahan bakar, kami telah menarik banding kami atas dasar bahwa kami yakin melakukannya lebih besar manfaatnya daripada didengar," demikian pernyataan Aston Martin lewat media sosial.

Dengan itu maka diskualifikasi Vettel berlaku, demikian pula kenaikan satu posisi bagi para pebalap yang finis di belakangnya, termasuk Lewis Hamilton, yang mewarisi runner-up dan Carlos Sainz yang berhak naik podium.

Vettel bertahan di peringkat ke-12 klasemen sementara dengan koleksi 30 poin, sedangkan Aston Martin di peringkat ketujuh konstruktor dengan 48 poin.

Baca juga: Aston Martin analisis data mobil Vettel sebelum putuskan banding
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar