Jakarta (ANTARA News) - Tanah gembur kehidupan tidak selalu ditemui oleh setiap orang. Ada saja onak berduri yang memerlukan ketegaran dan keteguhan hati saat melakoni judul-judul sandiwara dunia ketika Anda disambangi suka duka.

Boleh jadi saatnya Anda mengubah pola hidup. Caranya?

Sulit berhenti merokok, tidak kuasa berkata "tidak" kepada keinginan menenggak alkohol, dan bersemangat melahap makanan minuman berkadar gula relatif tinggi, menjadi sederetan masalah yang berkaitan dengan pola hidup.

Apa yang kita konsumsi berkaitan dengan kesehatan fungsi memori manusia dan kebugaran tubuh.

Buku berjudul "Memory Boosters", tulisan Jo Iddon dan Huw Williams mengupas sejumlah tips mengubah pola hidup. Tempuhlah hidup secara realistis, rajin-rajinlah melakukan olah pikiran dan oleh tubuh, tidurlah secukupnya, perhatikan jenis dan pola makanan, kurangi minuman beralkohol, serta dayagunakanlah stres.

Ditulis bahwa aspek kesehatan mempengaruhi daya konsentrasi seseorang. Tubuh bugar memuat pikiran yang sehat dan menerbitkan konsentrasi yang oke. Jika Anda memahami inti yang menyelimuti masalah seputar pola hidup, maka relatif mudah mengambil langkah jalan keluarnya. Jagalah selalu pola hidup Anda.

Lakukanlah olah tubuh dan olah pikiran. Baik tubuh maupun pikiran beroperasi seperti layaknya sebuah mesin. Keteledoran dan kealpaan merawat tubuh-pikiran berbuntut gangguan pola hidup. Sehat mental, sehat fisik.

Terbukti bahwa berbagai jenis latihan mental membuat tubuh sehat dan membuahkan pikiran bugar. Latihan fisik dan mental dapat mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh dan menumbuhkan sel-sel otak.

Bagi mereka yang telah berusia tua, sejumlah tips dapat dilakukan, antara lain mengisi teka-teki silang, menyelesaikan "puzzles", main catur, main bridge, membaca buku atau majalah, dan bergabung secara aktif bersama kelompok diskusi. Aktivitas-aktivitas ini dapat mengusir rasa kesepian, stres dan depresi.

Untuk olah fisik, naiklah bis jika Anda menempuh perjalanan tidak terlampau jauh. Gunakan tangga ketimbang lift atau eskalator. Jika Anda bekerja di kantor, keluarlah dari ruang kantor dan berjalanlah ketika tiba makan siang. Hindari berlama-lama di ruang kerja.

Sejumlah temuan ilmiah membuktikan bahwa tidur menjadi faktor penting bagi kebugaran tubuh. Ironisnya, terlalu banyak tidur dapat berakibat kurang baik bagi tubuh. Karena itu, cari dan temukan keseimbangan jumlah waktu tidur. Gampang lelah, dan sulit berkonsentrasi disebabkan salah satunya oleh gangguan tidur.

Selain itu, kurang tidur juga mempengaruhi daya serap gula tubuh yang pada gilirannya mempengaruhi kebugaran pikiran. Milikilah pola tidur yang sehat dan berkesinambungan sesuai dengan siklus hidup masing-masing Anda.

Stres dapat muncul ketika seseorang berhadapan dengan kemacetan lalu lintas jala raya. Ungkapan populernya, "tua di jalan, mati pelan-pelan". Stres juga dapat disebabkan oleh terganggunya pola relasi perkawanana atau persahabatan, misalnya putus pacar atau kehilangan sahabat dekat.

Stres pada dasarnya reaksi alamiah dalam kehidupan, karena itu stres perlu diolah agar berbuah hal yang positif. Salah satunya, menjejak penyebab stres dengan melakukan hal-hal yang positif dalam kehidupan.

Ubahlah pola hidup Anda sekarang juga jika mendapati ada yang kurang beres dengan pola hidup selama ini. Jangan tunda.
(A024/BRT)

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010