Boyolali (ANTARA News) - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Mohammad Nuh, meminta agar pemerintah daerah di kawasan bencana Gunung Merapi tetap menjaga semangat belajar bagi anak-anak di tempat pengungsian dengan kegiatan yang bisa mendorong motivasi.

"Kami mengimbau agar pemda di daerah bencana tetap menjaga semangat belajar anak dengan memberikan motivasi kepada anak-anak di pengungsian," kata Mendiknas saat mengunjungi di pos pengungsian SMK Negeri 1 Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin.

Menurut Mohammad Nuh anak-anak dan warga lainnya tidak menghendaki untuk mengungsi, tetapi hal itu harus dijalani karena kondisinya yang tidak memungkinkan.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong anak-anak tetap bersemangat agar tidak bosan sekaligus mengurangi trauma akibat bencana.

Mendiknas menyambut baik adanya partisipasi dari para relawan yang menyiapkan kegiatan anak-anak dengan mengajak bermain, bercerita dan menggambar di tempat pengungsian.

Anak-anak di pengungsian diajak untuk menggambar pemandangan Gunung Merapi, tempat yang akrab dengan anak-anak sejak dahulu dan mengenal tentang Merapi dengan fenomenanya seperti awan panas yang sering disebut "wedhus gembel".

Selain itu, pihaknya akan melibatkan perguruan tinggi untuk mengenali lingkungan di lereng Merapi, dengan tujuan agar masyarakat dapat hidup harmonis berdampingan. Mereka bisa hidup harmonis mengenali fenomena Merapi.

Mengenai proses kegiatan belajar mengajar dalam kondisi darurat saat ini, kata Mendiknas, paling penting urusan keselamatan jiwa terlebih dahulu.

Namun, lanjut dia, bagaimana proses belajar mengajar yang pertama, anak-anak tetap dilakukan dalam pengungsian dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah ada.

Kegiatan tersebut, kata Mendiknas, tidak dilakukan secara struktur sesuai saat kelas dalam keadaan normal, tetapi siswa diberikan semangat belajar jangan sampai menurun.

Mendiknas menjelaskan, kekurangan siswa saat belajar pada masa darurat dapat diganti dengan cara menambah jam belajar ketika kondisi sudah di kelas atau normal.

"Siswa, misalnya di pengungsian selama satu bulan, mereka kekurangan materi dapat diganti dengan menambah jam belajar kalau kondisi sudah normal," kata Mendiknas.

Menurut Mendiknas, terpenting semangat anak-anak jangan menurun, karena di kampungnya mereka sudah stres dan di pengungsian dihadapi ulangan maupun pekerjaan rumah (PR) sekolah.

Selain itu, siswa yang tidak masuk terkena bencana, mereka juga dapat belajar tentang pentingnya solidaritas sosial maupun peduli sesama manusia.

Jumlah pengungsi anak-anak di Jateng masih dinamis, terakhir tercatat 8.000 anak, yang terdiri dari Kabupaten Boyolali, Klaten, dan Magelang. Pengungsi anak-anak di DIY mencapai sekitar 12.000 siswa.
(U.B018/Z003/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010