Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA, Chris John, dipastikan tampil untuk mempertahankan gelarnya yang ke-13 kali di Jakarta.

"Saya besok atau Selasa (9/11) siang pulang ke Indonesia dan meneruskan latihan di Jakarta hingga pertarungan mendatang," kata Chris John ketika dihubungi dari Semarang, Senin.

Hanya saja, petinju yang memiliki rekor bertarung 43 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri tersebut, belum berani menyebutkan nama calon lawannya maupun waktu pertarungan mendatang.

"Saya tidak enak dengan pelatih karena nantinya ada temu wartawan di Jakarta untuk menjelaskan soal pertarungan mendatang. Yang pasti tempatnya di Jakarta," katanya menegaskan.

Petinju asal Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, tersebut sudah sejak 19 September 2010 berlatih di Sasana Herry`s Gym di Perth, Australia, di bawah asuhan pelatih, Craig Christian sekaligus manajernya.

Tetapi pada awal November 2010, suami mantan atlet wushu Jawa Tengah, Anna Maria Megawati tersebut, sempat pulang ke Indonesia untuk memastikan pertarungan berikutnya.

"Saya kembali ke Indonesia untuk memastikan semuanya. Kalau semua sudah ada, saya akan kembali menjalani latihan di Sasana Herry`s Gym di Perth, Australia," kata Chris John saat kembali ke Indonesia awal November 2010.

Setelah ada kepastian soal petarungan berikutnya, petinju dengan julukan The Dragon tersebut kembali memasuki kamp latihan di Perth, Australia, dan dijadwalkan Selasa siang kembali ke Indonesia untuk melanjutkan latihan di Jakarta hingga pertarungan mendatang.

Sebelumnya, Chris John juga harus tampil di Jakarta menghadapi petinju Argentina, Fernando Saucedo, 26 Juli 2010, tetapi batal karena yang bersangkutan mengalami cedera saat berlatih dengan sparring partner, Roy Tuamanihuruk yang merupakan juara nasional kelas ringan.

Pertarungan di Jakarta (26 Juli 2010) itu sebenarnya juga sebagai ganti pertarungan melawan petinju yang sama di Bali, 22 Mei 2010. Pertarungan yang dipromotori Zaenal Thayeb yang juga pemilik Sasana Mirah Boxing, batal karena Chris John mengalami cedera saat berlatih dengan "sparring partner". Williem Kickett. di Bali.

Ayah dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) tersebut sudah 12 kali mempertahankan gelarnya. Dari jumlah itu, lima di antaranya dilalui melalui tarung wajib atau mandatory fight melawan Jose Cheo Rojas/Venezuela, Derrick Gainner/Amerika Serikat, Juan Manuel Marquez (Meksiko), Roinet Caballero/Panama, dan Hiroyuki Enoki/Jepang.

Kemudian tujuh lainnya melalui tarung pilihan atau choice, yaitu melawan Renant Acosta/Panama, Jose Cheo Rojas/Venezuela, Osamu Sato dan Zaiki Takemoto/Jepang, Tommy Brouwn/Australia, serta dua kali melawan Rocky Juarez/Amerika Serikat.

(H015/M028/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010