Bantul (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencanangkan gerakan menyumbang Rp1.000 dikalangan siswa sekolah di daerah ini untuk membantu korban awan panas letusan Gunung Merapi.

"Gerakan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah kabupaten (pemkab) terhadap korban letusan Gunung Merapi karena hasilnya nanti akan disumbangkan kepada korban letusan Gunung Merapi untuk meringankan beban meraka," kata Bupati Bantul Sri Suryawidati di Bantul, Senin.

Pencanangan gerakan menyumbang Rp1.000 bagi siswa sekolah di Kabupaten Bantul secara simbolis dicanangkan bupati usai mengikuti upacara bendera di halaman SMA Negeri 2 Bantul.

"Dengan adanya gerakan menyumbang seribu rupiah ini diharapkan para siswa di mempunyai kepedulian terhadap penderitaan orang yang yang tengah terkena musibah dan bersedia menyisihkan sebagian uang sakunya untuk menyumbang korban bencana Merapi," katanya.

Bupati mengatakan hasil dari sumbangan yang dikumpulkan di setiap sekolah akan disalurkan kepada korban letusan Gunung Merapi melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Bantul yang merupakan posko bantuan hasil koordinasi dengan Pemkab Bantul.

"Gerakan ini merupakan gerakan yang diperuntukan untuk pengumpulan bantuan uang bagi korban Gunung Merapi. Kami juga akan mengumpulkan bantuan sedikit demi sedikit dari masyarakat dan pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul, " katanya.

Ia mengatakan pihaknya tidak akan membatasi sumbangan bantuan tersebut hanya dengan Rp1.000, namun jika menginginkan memberi lebih dipersilakan sesuai kemampuan dan niat masing-masing.

"Gerakan ini sekaligus mengingatkan Bantul yang pernah terkena bencana gempa pada 2006 dan banyak yang ikut menyumbang, sehingga sudah saatnya warga ikut mengulurkan tangan membantu saudara kita yang sedang terkena bencana," katanya.

Bantuan lain dari masyarakat Bantul berwujud makanan, pakaian, dan lainnya, kat dia, diharapkan tidak disalurkan sendiri, melainkan dapat melalui posko yang telah disiapkan pemkab.

"Pemkab Bantul telah membuka Posko penerimaan bantuan korban bencana Merapi di Markas PMI Bantul agar bantuan yang disalurkan masyarakat akan tepat sasaran dan bermanfaat bagi para korban bencana Merapi," katanya.

(ANT-068/H008/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010