Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso mengaku kecewa karena kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia terlalu singkat, hanya sekitar 24 jam.

"Kunjungan Barack Obama ke Indonesia merupakan bagian dari kunjungannya selama 10 hari ke Asia, yakni ke India, Indonesia, dan Korea Selatan," kata Priyo Budi Santoso, di Gedung Parlemen, di Jakarta, Selasa.

Priyo menjelaskan, kunjungan ke India selama tiga hari, kunjungan ke Korea Selatan juga dijadwalkan selama tiga hari, tapi kenapa kunjungan ke Indonesia hanya sehari.

Menurut dia, banyak harapan yang akan disampaikan pemerintah dan masyarakat Indonesia kepada Presiden Barack Obama, tapi karena kunjungannya ke Indonesia terlalu singkat sehingga harapan tersebut menjadi sia-sia.

Ketua Bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar ini juga bertanya-tanya, apakah kunjungannya yang sangat singkat ke Indonesia merupakan wujud dari lemahnya diplomasi Indonesia.

"Apakah kunjungan Barack Obama ke Indonesia ini hanya sebagai tempat singgah sebelum berkunjung ke Korea Selatan," kata Priyo.

Menurut Priyo, dengan kunjungan yang hanya sehari di Indonesia maka banyak jadwal yang sebelumnya telah diagendakan kemudian dibatalkan.

Pembicaraan antara Presiden Obama dan Presiden Yudhoyono, menurut dia, juga sangat singkat, sehingga sangat sedikit hal-hal strategis yang bisa dibicarakan.

Priyo bermaksud mempertanyakan waktu kunjungan Presiden Obama yang sangat singkat ke Indonesia kepada Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa.

Dirinya juga mempertanyakan, mengapa Presiden Barack Obama tidak jadi berbicara dengan masyarakat muslim di Indonesia.

"Ketika berkunjung ke Kairo, Mesir, Presiden Obama menyampaikan pidato, padahal penduduk Mesir hanya seperempat dari jumlah penduduk Indonesia," katanya.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama, tiba di Indonesia melalui Bandara Halim Perdanakusuma pada Selasa sekitar pukul 15.30 WIB dan kemudian menuju ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Setelah pertemuan di Istana Negara, Presiden Barack Obama akan beristirahat. Jadwal Obama berikutnya, pada Rabu (10/11), akan mengunjungi Masjid Istiqlal dan Taman Makam Pahlawan Kalibata di Jakarta kemudian ke kampus Universitas Indonesia di Depok.

Di kampus Universitas Indonesia, Presiden Obama akan memberikan kuliah umum yang akan dihadiri perwakilan mahasiswa dan tamu undangan lainnya.

(R024/D011/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010