Los Angeles (ANTARA News) - Satu kapal induk Angkatan Laut AS, Selasa, tiba dan mulai mengirim pasokan buat kapal pesiar mewah Amerika dengan 3.300 orang yang berlibur, yang terdampar di lepas pantai Mexico setelah kebakaran di ruang mesinnya.

Kapal USS Ronald Reagan, yang bertenaga nuklir dan dialihkan dari satu misi pelatihan di Pasifik, melego sauh di laut di dekat kapal Carnival Splendor, yang "lumpuh" dalam jarak sekitar 50 mil di sebelah barat Punta San Jacinto, Mexico, dan 150 mil di sebelah selatan San Diego.

Beberapa helikopter mulai mengirim makanan, air dan barang lain ke kapal yang terdampar itu, kata pimpinan Angkatan Laut AS.

"Pasokan dikirim ke dek saat kita bicara," kata Komandan Angkatan Laut Greg Hicks kepada Reuters melalui telepon.

Barang buat kapal pesiar tersebut diterbangkan dari pantai ke USS Ronald Reagan, bagian dari Armada Ketiga Angkatan Laut AS, dengan menggunakan pesawat militer, katanya.

Biaya operasi buat satu kapal induk dan puluhan pesawat serta helikopter yang dibawanya bernilai satu juta dolar AS per hari, termasuk bahan bakar, makanan dan gaji, kata wanita jurubicara Angkatan Laut, Bintara Kepala Terry Feeney.

Kapal Carnival Cruise Lines, kapal pesiar mewah dengan panjang 290 meter dan membawa hampir 3.300 penumpang dan awak hampir 1.200, terapung-apung di lautan akibat kebakaran yang terjadi di ruang mesinnya pada Senin pagi (8/11).

Tak ada laporan mengenai korban cedera. Semua penumpang mulanya dikeluarkan dari kabin mereka ke daerah dek terbuka di bagian atas sebagai langkah pencegahan.

Pemerintah Mexico menyatakan kapal tersebut akan ditarik ke pelabuhan Ensenada, Mexico, tempat parra penumpang akan diturunkan dan kemudian diangkut naik bus ke Tijuana. Beberapa kapal tunda dari Ensenada diperkirakan mencapai kapal pesiar mewah itu sekitar tengah hari waktu setempat.

Carnival Cruise Lines, yang berpusat di Miami, yang merupakan bagian dari perusahaan kapal pesiar terbesar di dunia, Carnival Corp. menyatakan perusahaan tersebut sedang berusaha membawa semua penumpangnya pulang sesegera mungkin.

Seorang wanita jurubicara perusahaan itu mengatakan Carnival Splendor biasanya membawa cukup makanan dan air untuk selama sekitar satu pekan tapi kapal pesiar tersebut telah menghadapi kekurangan karena kapal itu kehilangan daya pendinginnya.

Kendati ada sisa energi dari generator pendukung, pendingin udara, layanan makanan panas dan telepon di kapal tersebut juga putus. Tapi para insinyur kapal berhasil memulihkan layanan toilet ke semua kabin dan kamar mandi, Senin malam.

Kebakaran itu, yang berlangsung selama tiga jam saat dipadamkan, juga melumpuhkan sistem pendorong Cruise Splendor, sehingga kapal pesiar tersebut dipaksa membatalkan sisa jadwal pelayarannya.

Kapal itu memulai pelayarannya pada Ahad dari Long Beach, di sebelah selatan Los Angeles. Pelayaran normalnya selama satu pekan meliputi persinggahan di Puerto Vallarta, Mazatlan dan Cabo San Lucas di Mexico.

Kapal induk USS Ronald Reagan dan 5.000 awaknya sedang melakukan pelatihan dalam persiapan bagi penggelaran mendatang ketika Penjaga Pantai AS meminta bantuan untuk mengirim pasokan buat kapal pesiar tersebut, yang saat itu berada sejauh 50 mil, katanya.

Perusahaan pelayaran Carnival menyatakan semua penumpang dari kapal yang lumpuh tersebut akan diberi pengembalian dana penuh dan penggantian buat biaya angkutan, serta perjalanan cuma-cuma dengan harga yang sama pada masa depan.
(C003/A011)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010