Kita yakini bersama dapat tercapai 'herd immunity' dengan vaksinasi
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat hingga saat ini telah menyuntikkan vaksin kepada 1,4 juta warga untuk dosis pertama dan kedua melalui sejumlah gerai di daerah itu.

"Warga yang sudah divaksin kategori warga DKI dan berdomisili itu ada 1,28 juta," kata Wali Kota Uus Kuswanto saat ditemui di gerai vaksin kawasan Tambora, Jakarta Barat, Senin.

Dengan demikian, lanjutnya, jumlah tersebut merupakan gabungan dari penduduk yang berdomisili di Jakarta Barat dan warga luar wilayah.

Berdasarkan data yang diterima Uus, katanya, 1,4 juta orang itu merupakan 68 persen dari total target capaian vaksinasi yang ditetapkan Pemkot Jakarta Barat yakni sekitar 2,05 juta jiwa.

Dia menilai capaian ini merupakan hasil kerja sama tiga pilar yang terdiri dari TNI, Polri dan Pemkot Jakarta Barat dalam menggenjot program vaksinasi massal seluruh wilayah.

Baca juga: 81 persen siswa di Jakarta Barat sudah vaksin

Uus pun juga mengapresiasi warganya karena antusias mengikuti program vaksin di gerai vaksinasi yang disediakan pemerintah.

Dia memastikan vaksinasi massal akan terus dilakukan hingga warga Jakarta Barat mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).

Pada saat yang sama, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo mengatakan pihaknya memang tidak bisa memvaksin seluruh warganya karena alasan kesehatan.

Namun demikian, pihaknya tetap memaksimalkan program vaksin massal agar seluruh warga yang tidak punya masalah kesehatan bisa tervaksinasi.

"Kita yakini bersama dapat tercapai 'herd immunity' dengan vaksinasi," kata Ady.

Baca juga: 4.596 nakes di Jakarta Barat jalani vaksinasi tahap tiga

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021