Yogyakarta (ANTARA News) - Perdana Menteri Malaysia Najib Razak memberikan bantuan barang senilai Rp1 miliar kepada para pengungsi korban bencana erupsi Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bantuan berupa makanan, pakaian, dan selimut itu secara simbolis diserahkan Menteri Pertahanan Malaysia Ahmad Zahid Hamidi kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan Yogyakarta, Kamis.

"Kami membawa titipan bantuan dari Perdana Menteri (PM) Malaysia untuk para pengungsi korban Merapi. Bantuan itu sebagai wujud rasa keprihatinan atas musibah yang menimpa warga di sekitar Merapi," kata Ahmad Zahid Hamidi.

Menurut dia, dirinya diutus secara khusus oleh PM Malaysia untuk menyerahkan bantuan secara langsung melalui Sri Sultan Hamengku Buwono X. Bantuan itu diharapkan dapat dimanfaatkan oleh warga yang sedang terkena bencana letusan Merapi.

"Kami berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi para pengungsi. Kami juga siap membantu jika ada kebutuhan lain yang masih kurang, tentunya atas seizin pemerintah Indonesia," katanya.

Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, dirinya menyampaikan terima kasih atas bantuan PM Malaysia yang diberikan kepada para pengungsi korban bencana erupsi Merapi.

Bantuan tersebut, menurut dia, tentu sangat berharga bagi para pengungsi yang berada di posko pengungsian untuk memenuhi kebutuhannya.

"Bantuan tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman untuk didistribusikan ke posko-pokso pengungsian yang ada agar dapat dimanfaatkan para pengungsi," katanya.

(B015*V001/H008/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010