Jakarta (ANTARA News) - PT PhinCon (Phintraco Consulting) meluncurkan solusi call centre yang disebut RaiseCALL pada Kamis (11/11).

Aplikasi RaiseCALL berbasis teknologi Oracle Siebel. Dengan penggunaan RaiseCALL efektivitas nasabah bank yang membutuhkan layanan perbankan melalui call centre bisa meningkat.

Nasabah bisa mendapatkan berbagai informasi dalam satu kesempatan menelepon, seperti cek saldo, komplain, penutupan rekening, pembayaran kartu kredit atau tagihan lainnya, pembelian tiket, "top up" dan lainnya.

Aplikasi RaiseCALL menyediakan fitur seperti mesin pencarian untuk "identical key" yang bisa memperlihatkan daftar informasi keuangan nasabah, verifikasi data nasabah yang mempercepat kerja petugas call center, fitur keamanan untuk memblokir dan membuka blokir produk perbankan yang dimiliki seperti ATM, kartu kredit, token, tabungan, internet banking, mobile banking, dan sms banking.

Identical key memuat nomor rekening, kartu ATM, kartu kredit dan CIS.

Aplikasi itu juga memberi tingkat layanan dengan informasi yang akurat ketika nasabah menyampaikan komplainnya. Petugas call centre juga bisa melihat catatan kegiatan yang opernah dibuat di setiap jenis transaksi. Petugas call centre juga bisa meningkatkan waktu dan mutu layanan karena melayani 1 nasabah untuk berbagai keperluan dalam satu kesempatan.

Arifa Tan, direktur PT. PhinCon (Phinraco Consulting) mengatakan pihaknya mengembangkan RaiseCALL untuk meningkatkan mutu layanan industri perbankan menjadi lebih responsif dan bisa menangani keluhan nasabah dan memberi kenyamanan pada nasabah.

"Kami mengembangkan RaiseCALL diatas teknologi Oracle Siebel, sebuah teknologi CRM menjadi solusi call centre yang paling lengkap di bidangnya. hal ini karena kami ingin RaiseCALL menjadi solusi call centre yang paling lengkap untuk industri perbankan di Indonesia," kata Arifa.

Panin Bank saat ini sudah mulai mengimplementasikan aplikasi RaiseCALL. Ariyanto Ruslim, Vice President IT, Panin Bank, mengatakan mereka menggunakan RaiseCALL untuk meningkatkan layanan kepada nasabah individu maupun corporate. Panin Bank selalu mengikuti tren perilaku nasabah mereka yang lebih "mobile" dan menjadikan call centre saluran utama yang tidak kalah dengan ATM, "mobile banking" dan "internet banking."

"Nasabah kami bisa melakukan transaksi perbankan dan mendapatkan berbagai informasi tentang produk perbankan Panin Bank hanya dengan menghubungi CALL PANIN 500678. RaiseCALL menjadi solusi yang tepat sejalan dengan visi kami untuk menjadikan BAnk Nasional papan atas dalam arsitektur perbankan Indonesia melalui layanan produk yang inovatif, jasa distribusi naisonal dan pengetahuan pasar yang mendalam," kata Ariyanto.

Aplikasi itu memberikan solusi "real time" bagi banking call centre, melengkapi petugas call centre dengan informasi dan alat yang tepat, solusi yang berpusat pada nasabah dan terintegrasi dengan aplikasi utama perbankan ("core banking"). Serta sistem tambahan sehingga bisa meningkatkan kepuasan dan kesetiaan pelanggan.

(ENY/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010