Batam (ANTARA) - Personel Pangkalan TNI AU Hang Nadim di Kepulauan RIau bersama Federasi Aero Sport Indonesia Daerah Batam mengibarkan bendera merah putih menggunakan paramotor berkeliling di atas langit Batam, Kepulauan Riau, dalam peringatan HUT RI.

Komandan Pangkalan TNI AU Hang Nadim, Letnan Kolonel Penerbang Iwan Setiawan, mengatakan, pada puncak peringatan HUT RI di Lapangan Engku Putri, Selasa (17/8), mereka menyiapkan atraksi yang istimewa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Salah satunya dengan dukungan Fasida Batam untuk kemeriahan perayaan Hari Kemerdekaan RI di Lapangan Engku Putri berupa demo udara Pengibaran bendera Merah Putih dengan menggunakan Paramotor berkeliling diatas udara Kota Batam," kata dia, di Batam, Senin.

Baca juga: Muhammadiyah: HUT ke-76 RI momen perkuat persatuan bangsa

Atraksi itu rencananya digelar sebelum pelaksanaan upacara bendera.

Mereka telah melakukan persiapan relatif matang memastikan pengibaran bendera berjalan lancar dan dapat dinikmati masyarakat dan peserta upacara. "Dengan capaian gladi ini, semoga pada pelaksanaan besok dapat berjalan dengan lancar seperti hari ini," kata dia.

Baca juga: Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh di tengah pandemi

Sementara itu, Pemerintah Kota Batam menyiapkan pelaksanaan upacara di Dataran Engku Putri, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah penularan virus. Seluruh petugas upacara, tamu undangan serta seluruh peserta upacara wajib menggunakan masker dan menjaga jarak.

Pemerintah membatasi jumlah tamu yang datang ke acara itu, dengan pengamanan agar tidak melanggar pelaksanaan potokol kesehatan.

Meski begitu, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, berharap hal itu tidak mengurangi kemeriahan perayaan Peringatan Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia. "Semuanya harus mematuhi protokol kesehatan Kursi tamu undangan juga sudah diatur jarak aman Covid-19," kata Wali Kota.
 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021