Jakarta (ANTARA) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menginginkan para periset mengeksplorasi cara-cara baru dalam melakukan riset dan berinovasi untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI, terutama dalam berkarya di tengah pandemi COVID-19.

"Para periset perlu berubah, mengeksplorasi cara-cara baru dalam melakukan kegiatan riset dan inovasi agar bisa tetap berkinerja tinggi, justru di masa pandemi ini," kata Pelaksana Harian Kepala LIPI Agus Haryono saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Agus menuturkan, seperti disampaikan oleh Presiden Joko Widodo bahwa kemerdekaan RI telah diraih melalui berbagai perjuangan. Oleh karena itu, dalam memaknai kemerdekaan RI, seluruh periset LIPI perlu kembali menekankan perjuangan melawan dan mengatasi segala macam kesulitan yang timbul di masa pandemi COVID-19 ini.

Meski Indonesia sedang berada dalam masa pandemi pada peringatan HUT ke-76, namun insan riset dan inovasi tetap bersemangat untuk mengisi kemerdekaan RI dengan berbagai kegiatan dan berbagai hasil karyanya.

Agus mengatakan karena kemerdekaan diraih oleh para pendahulu dengan penuh perjuangan, maka insan riset dan inovasi juga harus mengisi kemerdekaan penuh dengan semangat perjuangan.

LIPI mengadakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI secara virtual. Pada acara itu, juga diberikan piagam penghargaan Kepala LIPI, dan penghargaan Satyalancana dari Presiden RI kepada pegawai dan peneliti berprestasi.

"Prestasi yang diraih oleh para pegawai dan peneliti LIPI diharapkan bisa memacu semangat riset dan inovasi, agar bisa mendapatkan produk riset yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.

Dalam upaya melahirkan inovasi dan teknologi unggulan dan terbaru, LIPI sebagai lembaga penelitian, pengembangan dan pengkajian melakukan kegiatan riset dan inovasi, termasuk riset dasar dan riset kebijakan.

Para periset diharuskan melakukan kegiatan riset dan inovasi sesuai dengan kaidah ilmiah dan etika yang berlaku di bidangnya masing-masing.

Di sisi lain, manajemen pimpinan LIPI berupaya menyiapkan segala infrastruktur riset yang dibutuhkan oleh para periset.

Jika hasil riset sudah terlihat prospektif, maka periset didorong untuk berkolaborasi dengan pihak calon pengguna seperti industri. Sehingga hasil inovasi dan teknologi yang dihasilkan dapat sejalan dengan kebutuhan industri.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021