Jakarta (ANTARA) - Alat Free Economic Zone (AFEZ), pusat perdagangan dan logistik yang terletak di pantai Laut Kaspia telah resmi didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Azerbaijan, HE Mr Ilham Aliyev, pada tanggal 22 Mei 2020.

Dengan posisi geografis yang strategis di sebelah Pelabuhan Baku, kawasan itu akan berfungsi sebagai pusat investasi regional yang akan meningkatkan daya saing koridor transportasi di Eropa-Kaukasus-Asia dan Utara-Selatan.

Pada acara peletakan batu pertama AFEZ, Presiden Ilham Aliyev mengatakan bahwa ide pembentukan kawasan tersebut didasarkan pada kebijakan kami. Kami melihat bahwa investasi di sektor non migas lebih banyak dilakukan oleh negara atau perusahaan lokal. Perusahaan asing cenderung lebih banyak berinvestasi di sektor migas. Oleh karena itu, pembentukan zona ini akan melayani pengembangan sektor non-minyak Azerbaijan.

Selanjutnya, dengan adanya AFEZ, teknologi baru akan datang ke Azerbaijan, lapangan pekerjaan baru akan terbentuk, upah masyarakat Azerbaijan akan meningkat, produk-produk kompetitif akan diproduksi dan peluang ekspor sektor non-minyak kita akan berkembang.

“Karena jika kita melihat struktur produk domestik bruto kita, kita dapat melihat bahwa sektor minyak tidak lagi dominan. Namun, jika kita melihat ekspor, kita dapat melihat bahwa produk migas merupakan sebagian besar dari ekspor kita. Oleh karena itu, salah satu faktor kuncinya adalah pelaksanaan reformasi dan daya tarik investor asing, terutama ke sektor industri," tambah Presiden Ilham Aliyev.

Presiden Ilham Aliyev juga menjelaskan bahwa gagasan ini telah dibahas sejak lama. Namun, pemerintah harus menentukan waktu yang tepat untuk melaksanakan proyek ini. Azerbaijan harus siap untuk itu, dan waktunya adalah sekarang.

Dikarenakan AFEZ merupakan pengembangan industri besar-besaran yang dirancang untuk mendorong perdagangan di wilayah tersebut, tujuan dari strategi ini adalah untuk memindahkan ketergantungan ekonomi tradisional yang terpaku pada Minyak/Gas. Strategi ini juga tertanam dalam dokumen Visi Pemerintah 2020. Terdapat enam tujuan atau sasaran utama berdasarkan dokumen Visi Pemerintah 2020 yaitu diversifikasi ekonomi, modernisasi industri minyak dan gas, mengembangkan dan mengadopsi inovasi, meningkatkan kualitas pembangunan manusia, melindungi lingkungan, dan memastikan masuknya WTO.

Perlu ditekankan bahwa ekonomi Azerbaijan telah berada pada kondisi yang menanjak stabil sejak 2005, bahkan ekonomi tumbuh 3,4 kali antara 2004 dan 2019, dengan cadangan devisa strategis tumbuh 27,6 kali.
 
Daya Saing Ekonomi Azerbaijan

Azerbaijan dua kali diakui sebagai negara pembaharu bisnis teratas berdasarkan laporan Doing Business 2009 dan 2019. Dalam hal ini, salah satu kerjasama terbaru yakni dilakukan dengan World Economic Forum.

Kabar baiknya, menurut World Economic Forum Global Competitiveness Report 2019, Azerbaijan menempati peringkat ke-2 di dunia dengan skor maksimum 100 persen, terkait dengan sub komponen pasokan listrik. Juga, peringkat ke-31 pada sub-komponen infrastruktur transportasi. Serta, indeks dan peringkat 27 pada sub-indeks kualitas infrastruktur jalan.

Selain itu, menurut laporan Doing Business 2019, Azerbaijan menempati peringkat ke-9 dari 190 negara dalam sub-indikator Memulai Bisnis. Kami telah menarik $128 miliar investasi asing sejak tahun 2004, yang telah memberikan sumbangan bagi perkembangan semua sektor ekonomi untuk lebih meningkatkan daya saing Azerbaijan.

Berbicara tentang investor, AFEZ akan menyambut baik investor dari luar negeri, investor nasional dan lokal, serta masyarakat, semuanya bergabung untuk menghadirkan lokasi bisnis yang ramah investor dengan nilai tambah.

Selain itu, bagi investor itu sendiri, AFEZ akan membawa keuntungan bagi mereka seperti pembebasan pajak, tidak ada pembatasan kepemilikan asing, akses tenaga kerja terampil, dan banyak lagi.

Sebagaimana kita ketahui bahwa selama lebih dari 25 tahun Azerbaijan telah memberikan jaminan dan perlindungan yang kokoh kepada para investor dan investasi mereka dalam proyek-proyek minyak dan gas.

Artinya, sebelumnya Azerbaijan telah menciptakan lingkungan yang menguntungkan bagi penanam modal dan tidak melanggar kewajibannya. Kami akan membawa prinsip-prinsip dari industri minyak dan gas tersebut ke AFEZ.

Terkait aspek hukum, AFEZ tentu juga mengatur kerangka hukum untuk pengoperasian, pengembangan, dan tata kelolanya.

Oleh karena itu, untuk memberikan kepastian kepada investor dan untuk menunjukkan keutamaan undang-undang ini dan undang-undang internal AFEZ, terdapat juga perubahan dalam beberapa undang-undang ekonomi dasar yang relevan. Misalnya, pajak, bea cukai, tenaga kerja, dan undang-undang lain dari ekonomi dasar.

Saya dapat memastikan bahwa kami memiliki kerangka hukum yang baik, yang akan memandu semua aktivitas di AFEZ sesuai dengan tujuan kebijakan dan Undang-undang AFEZ.
 
Mengapa Harus AFEZ?

Otoritas AFEZ akan berfokus pada pemenuhan kebutuhan investor dengan menyediakan lokasi yang berkelas dunia guna melakukan bisnis di lokasi geografis yang strategis, tepatnya di sebelah koridor transportasi global dengan menggunakan koneksi transportasi multi-moda untuk menciptakan keunggulan regional yang berkelanjutan berdasarkan peraturan, operasional dan lingkungan bisnis yang ramah investor dan sikap ramah kepada investor yang dipraktikkan setiap hari oleh para setiap anggota staf.

Dari semuanya, yang terpenting adalah pola pikir dan pendekatan yang berpusat pada investor. AFEZ akan selektif dan berhati-hati dalam menerapkan pendekatan ini kepada investor. Pada saat yang sama akan memenuhi kebutuhan investor, yang juga sekaligus menjadi nilai tambah untuk sektor ekonomi dan masyarakat Azerbaijan.

Oleh karenanya, AFEZ akan memberikan pelayanan kebutuhan investor nasional dan internasional yang akan melakukan hal-hal di bawah ini:

• ikut serta dalam sektor manufaktur dan layanan yang bernilai tambah tinggi dan berorientasi ekspor,
• menghasilkan nilai tambah bagi perekonomian di sektor kegiatan non-minyak,
• ikut serta dalam aktivitas perdagangan internasional dengan menggunakan teknologi dan pendekatan inovatif dalam melakukan pekerjaannya.

Untuk memastikan visi ini menjadi kenyataan, Presiden Republik Azerbaijan telah memberikan dukungan penuh untuk pengembangan AFEZ sebagai lokasi investasi kelas dunia dan fasilitator utama dari perkembangan masa depan.

Tugas perencanaan, pengembangan dan pengelolaan AFEZ telah dipercayakan kepada AFEZA yang telah dibentuk untuk tujuan tersebut.

Akan ada tiga jenis investor di AFEZ, yakni:  

Pertama adalah klien inti, yang berlokasi di dalam AFEZ dan memenuhi syarat untuk insentif.

Bisnis yang bergerak di bidang manufaktur dan layanan bernilai tambah tinggi dan berorientasi ekspor, aktivitas perdagangan internasional, menggunakan teknologi inovatif dan pengalaman manajemen.  

Kedua adalah klien tambahan, yang berlokasi di dalam AFEZ dan tidak memenuhi syarat untuk insentif.

Penyedia layanan dengan fokus pasar lokal yang menyediakan layanan komersial, ritel, dan perumahan yang penting bagi klien inti AFEZ, yang akan diizinkan untuk berlokasi di lokasi yang sudah ditentukan di dalam AFEZ.
 
Ketiga adalah klien pendukung, yang terletak di luar AFEZ dan tidak memenuhi syarat untuk insentif.

Bisnis dengan fokus pasar domestik yang menyediakan produk dan layanan subpasokan kepada klien inti AFEZ, yang akan diizinkan untuk ditempatkan di area layanan pendukung khusus yang berdekatan dengan AFEZ.
 
Rencana induk (master plan) untuk AFEZ juga telah dirancang untuk memudahkan pergerakan orang dan barang ke dan dari AFEZ. Pintu masuk dan keluar utama akan menggunakan teknologi pintar untuk memungkinkan kontrol pabean orang dan barang yang masuk atau keluar.

Sementara sebagian besar investasi, ekspor, dan lapangan kerja akan dihasilkan oleh klien inti, kesuksesan AFEZ akan datang dari gabungan yang direncanakan antara investor dan orang asing, nasional dan lokal, semuanya bergabung untuk memberikan lokasi bisnis yang ramah investor tetapi bernilai tambah.

Segala hal mengenai legislasi AFEZ telah disusun dari perspektif calon investor dan praktik internasional terbaik.

Otoritas AFEZ, memastikan kepada seluruh investor bahwa semua hal yang berkaitan dengan operasi bisnis – khususnya, pajak, bea cukai, tenaga kerja, dan undang-undang ekonomi dasar lainnya – akan tunduk pada legislasi atau undang-undang AFEZ yang lebih diutamakan daripada undang-undang ekonomi dasar.

Lingkungan yang ramah bisnis dan akses ke pasar internasional yang besar ini menciptakan nilai nyata bagi investor.

Salah satu manfaat utama adalah tidak adanya pajak atas bisnis di AFEZ. Bisnis yang memenuhi syarat di AFEZ (pada dasarnya, klien inti) tidak diharuskan membayar pajak pertambahan nilai, pemotongan pajak, atau pajak perusahaan lainnya.

Perundang-undangan AFEZ membebaskan personel terampil asing dari pajak penghasilan pribadi, pembayaran jaminan sosial, dan pajak serta pembayaran serupa lainnya. Hal itu dimaksudkan untuk mengurangi biaya investor serta menarik tenaga asing yang terampil.

Impor dan ekspor oleh klien inti AFEZ atas produk atau layanan apa pun dari dan ke negara asing dibebaskan dari bea masuk dan pajak, termasuk pajak pertambahan nilai.

Tidak ada batasan kepemilikan asing atas klien inti AFEZ. Perusahaan induk asing dapat memiliki 100% saham di perusahaan AFEZ. Sebuah perusahaan asing dapat berhasil menjalankan bisnis tanpa persyaratan untuk mitra lokal.

Fasilitas perdagangan berbasis pabean, properti investor yang kebal dari nasionalisasi atau pembatasan lainnya, pembebasan pembatasan mata uang asing atau repatriasi keuntungan, partisipasi sukarela dalam dana perlindungan sosial negara untuk karyawan asing, kemudahan mengakses visa untuk warga negara asing, perizinan bisnis toko serba ada di tempat, pusat pelatihan industri, otoritas pengatur independen, penyelesaian sengketa independen standar internasional serta peraturan kesehatan, keselamatan, tenaga kerja dan lingkungan, perlindungan investor penuh, perlindungan penuh atas hak kekayaan intelektual adalah manfaat tambahan yang dapat dinikmati oleh investor asing.

Insentif ini juga akan tersedia untuk mendukung ekspansi dan pertumbuhan perusahaan-perusahaan tersebut di masa depan. Dukungan investor yang berkelanjutan akan memunculkan daya tarik investor baru. Energi Azerbaijan, industri manufaktur yang ringan dan berat serta sistem pendidikan dan, umumnya, lingkungan bisnisnya akan memudahkan akses untuk tenaga kerja terampil.
 
Lokasi yang Berkelas Dunia

Dalam perencanaannya, AFEZ akan menempati total area sekitar 850 ha yang tersebar di tiga lokasi.

Dua lokasi, Zona 1 (198 ha) dan Zona 2 (441 ha) terletak berdekatan dengan Pelabuhan Baku dan memiliki luas total 639 ha. Sedangkan tapak ketiga berada di Zona 3 (211 ha), sekitar 7 km dari Pelabuhan Baku.

Akan ada lima perbedaan di area ini yaitu custom plaza dan pintu masuk utama ke AFEZ, Gedung Otoritas AFEZ dan pusat bisnis one-stop shop untuk investor, kantor akomodasi untuk investor, ruangan/gedung kavling yang siap untuk untuk disewa investor, dan pusat layanan utilitas.

Saat ini program pembangunan fisik sudah berjalan sesuai jadwal dan pembangunan tersebut akan siap pada Juli 2022.

Untuk itu, dengan adanya penyediaan kebutuhan investor yang berkelas dunia, AFEZ sangat direkomendasikan untuk tempat berinvestasi.

Oleh karena itu, dengan penuh keyakinan kami mengundang para investor asing, khususnya investor dari Indonesia untuk berinvestasi di AFEZ dan dapatkanlah berbagai macam keuntungan dan peluang yang ditawarkan oleh Pemerintah Azerbaijan.

*H.E Jalal Mirzayev adalah Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Azerbaijan untuk Republik Indonesia

Pewarta: Jalal Mirzayev*
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021