mereka yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan vaksin Sinovac maupun AstraZeneca
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) menyiapkan vaksin Moderna kepada masyarakat umum pemilik penyakit penyerta (komorbid) berat, di sejumlah fasilitas kesehatan.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari mengatakan pemberian vaksin Moderna bagi masyarakat umum dengan sejumlah kriteria tertentu sudah berjalan.

"Vaksin Moderna ini diberikan untuk tenaga kesehatan. Nakes (tenaga kesehatan) yang sudah mendapatkan dua dosis sebelumnya dan dilanjutkan 'booster' Moderna. Kedua yaitu Moderna bisa untuk masyarakat umum," kata Erizon saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Berbeda dengan tenaga kesehatan yang diberikan untuk satu kali dosis, vaksin Moderna bagi masyarakat umum diberikan sebanyak dua kali.

Baca juga: Kadinkes: Vaksin Moderna untuk umum bagi yang belum menerima vaksin

Erizon mengatakan bahwa vaksin asal Amerika Serikat itu hanya diberikan bagi warga yang masuk dalam kelompok pasien defisiensi imun (immunocompromised), seperti gangguan autoimun, penderita kanker, gagal ginjal dan penyakit komorbid berat lainnya.

"Masyarakat umum yang mendapatkan vaksin Moderna ini adalah mereka yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan vaksin Sinovac maupun AstraZeneca contohnya autoimun atau komorbid berat," kata Erizon.

Ada pun masyarakat yang masuk dalam kelompok pasien defisiensi imun serta memiliki komorbid berat, mereka bisa melakukan vaksinasi dengan jenis vaksin Moderna di beberapa fasilitas kesehatan dengan membawa surat keterangan dokter terkait persetujuan vaksin.

Di Jakarta Pusat sendiri, sejumlah fasilitas kesehatan yang mulai menjalani penyuntikan vaksin Moderna untuk masyarakat umum, antara lain RS Cipto Mangunkusumo, RSPAD Gatot Subroto, RS Carolus, RS Abdi Waluyo, Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai Balaikota DKI Jakarta, RSUD Tarakan, dan Puskesmas Menteng.

Baca juga: Vaksinasi dosis ketiga untuk nakes di Jakut gunakan 501 vial Moderna

Pemberian vaksin Moderna kepada masyarakat umum juga akan ditambahkan di fasilitas kesehatan lainnya sesuai kesiapan lebih lanjut.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021