Bangkalan (ANTARA News) - Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) meminta kepada 183 kabupaten tertinggal untuk minimal mempunyai satu produk unggulan sebagai ciri khas untuk lepas dari ketertinggalan.

"Kalau biasanya daerah yang mengajukan proposal program ke kementerian PDT, sekarang saya yang meminta proposal program tersebut kepada kabupaten tertinggal," kata Menteri PDT Helmy Faishal Zaini dalam kunjungan kerja di kabupaten Bangkalan, Madura.

Program produk unggulan dari daerah tertingal itu, lanjutnya, akan mulai diterapkan pada tahun 2011. Program tersebut akan diikuti pemihakan dalam skema pembiayaan yang lebih besar bagi daerah tertinggal.

Pada kunjungan kerja tersebut, kementerian PDT menyerahkan sembilan mobil angkutan desa dan 114 ekor sapi ternak di Kabupaten Bangkalan dan Sampang. Juga diresmikan pembangunan gedung sekolah Madrasah Tsanawiyah (Mts) Al Ibrahimi di Kecamatan Modung, Bangkalan.

Menteri dalam kunjungannya itu juga menyempatkan memberikan khutbah sholat idul adha di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Khutbah tersebut mengobarkan semangat membangun daerah, sekaligus doa bagi masyarakat yang terkena bencana di berbagai wilayah nusantara.

“Keikhlasan dan kesungguhan dalam segala aktivitas adalah kunci keberhasilan. Teladan yang dicontohkan Nabi Ibrahim As ketika diperintahkan menyembelih putra kesayangannya Nabi Ismail As memiliki semangat totalitas dalam pengabdian kepada Allah SWT. Ini harus kita tiru dalam segala aktivitas,” katanya.

Sehari sebelumnya (Selasa, 16/11), Menteri PDT juga menyerahkan program sapi ternak sebanyak 114 ekor. Program tersebut diserahkan kepada sembilan kelompok peternak yang tersebar di sejumlah desa di kabupaten Sampang dan Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Menteri Negara juga menyerahkan bantuan sembilan unit mobil pada pemerintah kabupaten (Pemkab) Bangkalan. , Madura, kepada Camat Blega, Tragah, Konang, Kokop, Tanah Merah, Galis, Geger, Kota dan Modung. Daerah yang mendapatkan bantuan ini dinilai sebagai daerah terpencil..
(ANT/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010