Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong pengembangan sektor pariwisata dan juga ekonomi kreatif (parekraf) di Kabupaten Pandeglang, Banten, sehingga dapat menjadi lokomotif pembangunan ekonomi sekaligus terciptanya kembali lapangan kerja.

"Keikutsertaan para pelaku ekonomi kreatif sesuai dengan subsektor unggulan di Pandeglang ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan inovasi dan kewirausahaan yang sesuai dengan potensi dan kearifan lokal masing-masing," kata dia dalam workshop sebagaimana tertera dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pihaknya untuk menggali, menumbuhkembangkan, dan menjaga kreatitvitas para pelaku ekonomi guna mengembangkan berbagai potensi ekonomi kreatif di Pandeglang.

Dia melihat Pandeglang memiliki potensi besar di sektor kriya berupa kerajinan kayu dan kuliner.

Ada tiga permasalahan yang dihadapi. Yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), pemasaran, dan permodalan.

Dalam hal SDM, akan dilakukan Pelatihan dan pendampingan secara berkelanjutan sehingga kualitas dan standardisasi produk dari para pelaku ekonomi kreatif dapat meningkat.

Untuk pemasaran, dia menyatakan telah berkoordinasi dengan Deputi Pemasaran agar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dapat memfasilitasi sebagian daripada produk-produk di Pandeglang untuk ikut dalam berbagai program.

Adapun terkait permodalan, Menparekraf mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Kementerian BUMN untuk dapat berkolaborasi.

"Saya sudah berkoordinasi dengan ibu Bupati dan saya akan segera terhubung dengan Pak Menteri BUMN di mana kita akan minta dari KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang diarahkan kepada UMKM ini sebagian dialokasikan kepada pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Pandeglang," tutur Menparekraf.

Selain itu, workshop ini juga bertujuan membangkitkan potensi wisata kawasan Tanjung Lesung yang ada di Pandeglang sebagai kawasan destinasi prioritas.

“Tanjung Lesung dapat memenuhi tren pariwisata ke depan yang personalized, localized, dan smaller in size, sebutnya.

Dengan rampungnya tol Serang-Panimbang, Menparekraf mengharapkan Tanjung Lesung dapat menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas.

Turut hadir pula Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Hariyanto, anggota Komisi XI DPR RI Ali Zamroni, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang Asmani Raneyanti, serta sejumlah pelaku ekonomi kreatif asal Kabupaten Pandeglang.
Baca juga: Sandiaga dorong potensi ekraf Lebak Banten lewat program KaTa Kreatif
Baca juga: Menparekraf dorong daerah kembangkan inovasi, ekraf dan pariwisata
Baca juga: Menparekraf dorong sektor pariwisata jadi lokomotif pemulihan ekonomi


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021