Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig memetik kemenangan di era kepelatihan Jesse Marsch dengan melumat VfB Stuttgart 4-0 dalam laga pekan kedua Liga Jerman di Stadion Red Bull Arena, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Dua dari empat gol kemenangan Leipzig dicetak oleh Dominik Szboszlai, yang kali ini bisa merumput sejak sepak mula. Dua lainnya tidak lepas dari kontribusi Andre Silva, yang mengirim assist untuk gol Emil Forsberg, serta menceploskan gol penutup dari titik putih.

Hasil itu membuat Leipzig sementara menanjak ke peringkat ketiga klasemen dengan raihan tiga poin perdana musim ini, sedangkan Stuttgart (3) yang tadinya di puncak terjun bebas ke urutan ketujuh, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Lewandowski ingin pergi dari Muenchen untuk cari tantangan baru
Baca juga: Pelatih Dortmund yakin Haaland akan bertahan bila raih trofi musim ini


Leipzig tampil agresif sejak sepak mula dan nyaris membuka keunggulan pada saat laga baru berusia dua menit, sayang sundulan Willi Orban menyambut sepak pojok Szoboszlai masih melenceng ke sisi kanan gawang.

Stuttgart balas mengancam lewat tendangan spekulasi jarak jauh Roberto Massimo yang masih bisa diamankan kiper Peter Gulacsi.

Kebuntuan pecah pada menit ke-38 ketika Szoboszlai merangsek ke sisi kanan kotak penalti sebelum melepaskan tembakan menyilang yang memperdaya kiper Florian Mueller sekaligus membuka keunggulan tuan rumah.

Keunggulan itu berganda lewat serangan pertama Leipzig di awal babak kedua yang diakhiri dengan sontekan kaki kanan jarak dekat Forsberg menyelesaikan umpan Silva.

Pada menit ke-52, Leipzig memperoleh tendangan bebas di area sayap kiri ketika Christopher Nkunku dijatuhkan oleh Wataru Endo. Szoboszlai yang mengeksekusi tendangan bebas memilik langsung melepaskan tembakan ke gawang dan sukses menambah keunggulan tuan rumah jadi 3-0.

Baca juga: Direktur Monchengladbach akui berat jual Marcus Thuram
Baca juga: Nagelsmann dituntut persembahkan gelar juara liga ke-10 berturut-turut


Momentum Leipzig berlanjut dan pada menit ke-63 wasit Florian Badstubner langsung menunjuk titik putih ketika bola tembakan Nkunku dengan sengaja dihadang menggunakan tangan oleh Marc-Oliver Kempf di dalam area terlarang.

Eksekusi penalti dilakukan oleh Silva yang dengan akurat mengarahkan bola ke pojok kanan atas gawang, menaklukkan Mueller sembari memperlebar keunggulan Leipzig jadi 4-0.

Dalam 10 menit terakhir Stuttgart berjuang mati-matian untuk setidaknya mencetak gol balasan tetapi tak satu pun dari lima percobaan mereka membuahkan hasil termasuk sundulan Endo yang bisa diamankan oleh Gulacsi demi memastikan skor 4-0 bagi Leipzig bertahan hingga bubaran.

Leipzig bakal berusaha melanjutkan momentum positif ini ketika bertandang ke Volkswagen Arena menghadapi VfL Wolfsburg pada Minggu (29/8) pekan depan, sehari setelah Stuttgart menjamu SC Freiburg di Mercedes-Benz Arena.

Baca juga: Leverkusen rekrut pemain berusia 16 tahun Zidan Sertdemir
Baca juga: Liverpool boyong Ibrahima Konate dari Leipzig


 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021