Menhub bersama Menteri BUMN tinjau kapal isolasi terapung di Medan

Menhub bersama Menteri BUMN tinjau kapal isolasi terapung di Medan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri), Walikota Medan Bobby Nasution (tengah), Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) usai meninjau pelayanan isolasi terpusat (isoter) terapung KM Bukit Raya, di Pelabuhan Belawan Medan, Sabtu (21/8/2021). ANTARA/HO-BKIP Kemenhub/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pelayanan isolasi terpusat (isoter) terapung KM Bukit Raya, di Pelabuhan Belawan Medan, Sabtu (21/8) sebagai bentuk dukungan Kemenhub bersama stakeholder terkait, dalam rangka mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia.

Menhub yang meninjau kapal bersama dengan Menteri BUMN Erick Tohir dan Walikota Medan Bobby Nasution, mengatakan, mengajak seluruh pihak dan masyarakat untuk memanfaatkan dengan optimal kapal isoter ini.

"Dengan melakukan isoter, diyakini dapat mempercepat kesembuhan penderita COVID-19 dibandingkan dengan melakukan isolasi mandiri di rumah, yang berpotensi menimbulkan kluster keluarga," kata Budi Karya dalam pernyataannya, Sabtu.

Budi Karya menyampaikan apresiasi pada kegiatan penyediaan kapal isoter di Makassar yang menjadi kota pertama disinggahi kapal isoter mendapatkan antusiasme yang baik dari masyarakat.

“Awalnya isoter hanya ada di darat. Dengan adanya kapal-kapal Pelni yang sementara tidak beroperasi, kami manfaatkan untuk tempat isoter. Di Makassar, pelaksanaan isoter berjalan sukses. Dari 50 orang yang melakukan isoter di kapal, dalam lima hari sudah bisa sembuh. Karena di isoter ada udara yang mengandung klorin, yang bisa menstilmulus dan mempercepat kesembuhan,” ujarnya.

Menhub juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian BUMN, PT Pelni, Pemerintah Kota Medan yang telah mendukung penyelenggaraan kapal isoter di kota Medan.

Kapal Bukit Raya milik PT. Pelni yang dijadikan tempat isoter di kota Medan, memiliki sekitar 450 tempat tidur yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Medan dan sekitarnya, yang terpapar COVID-19 tanpa gejala atau bergejala ringan.

Sampai saat ini sudah ada 7 (tujuh) pemda yang memanfaatkan 6 kapal isoter ini yaitu : Makassar, Bitung, Minahasa Utara, Sorong, Jayapura, Lampung, dan Medan.

Menhub mengatakan, telah menyiapkan 10 - 12 kapal lagi yang akan diprioritaskan bagi daerah yang memiliki kasus COVID-19 yang tinggi.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengajak masyarakat yang membutuhkan tempat isolasi agar jangan ragu-ragu untuk memanfaatkan kapal isoter karena standarnya sudah sangat baik mulai dari tenaga kesehatan dan obat-obatan yang terjamin.

Walikota Medan Bobby Nasution menyampaikan sangat terbantu dengan adanya kapal isoter, karena pihaknya sangat membutuhkan tempat isolasi terpusat untuk mempercepat penanganan COVID-19 di kota Medan.

Baca juga: Pemerintah dukung penuh penanganan pasien Covid-19 menggunakan kapal
Baca juga: Empat kapal milik PT Pelni jadi tempat isolasi terpusat COVID-19
Baca juga: Pemkot Medan wujudkan isolasi apung di kapal

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Syarat perjalanan tetap ketat meski pandemi akan jadi endemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar