Semarang (ANTARA News) - Berat badan pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA, Chris John, sudah mendekati berat ideal di kelasnya untuk pertarungan menghadapi penantangnya, Fernando Saucedo, di lapangan tenis "indoor" Senayan, Jakarta, 4 Desember 2010.

"Berat badan saya sudah mendekati berat ideal di kelasnya yaitu 57,1 kilogram," kata Chris John ketika dihubungi dari Semarang, Sabtu.

Ia menambahkan, persiapan sekarang ini (pertarungan kurang 15 hari) sudah mencapai 80-90 persen dan pada saat pertarungan mendatang sudah mencapai 100 persen.

"Sisa waktu yang ada masih saya gunakan latihan dengan `sparring partner` hingga menjelang pertarungan mendatang," ucap petinju yang memiliki rekor bertanding 43 menang (22 di antara dengan KO) dan dua kali seri.

Hanya, kata petinju kelahiran Jakarta, 14 September 1979 tersebut, saat ini dirinya hanya memakai seorang petinju sebagai "sparring partner", yaitu Sonny Makanake, mengingat Roy Tuamanihuruk mengalami cedera tulang rusuknya.

"Roy cedera saat melakukan `sparring partner` dengan saya beberapa hari lalu, sehingga kami harus mencari penggantinya untuk latihan-latihan selanjutnya," ucapnya menegaskan.

Roy Tuamanihuruk yang juga menjadi "sparring partner" saat Chris John naik ring di Jakarta, 26 Juli 2010. Pada saat itu Chris John mengalami cedera rusuk kiri saat berlatih dengan petinju yang bersangkutan, sehingga pertarungan itu batal.

Saat ini untuk menghadapi petinju Argentina, Fernando Saucedo, 4 Desember mendatang, gantian Roy yang mengalami cedera saat menjadi "sparring partner" Chris John.

"Saat ini pelatih, Craig Christian yang juga manajernya sedang mengusahakan untuk mendapatkan petinju sebagai `sparring partner` karena pada latihan siang ini atau Sabtu ini, saya harus berlatih dengan `sparring`," tutur petinju dengan julukan "The Dragon" tersebut.

Menurut petinju yang sudah 12 kali mempertahankan gelar juara dunianya setelah merebut dari petinju Kolombia, Oscar Leon di Bali, Oktober 2003, kemungkinan sudah dapat tetapi dirinya belum jelas siapa namanya.

Sejak Selasa (9/11), suami mantan atlet wushu Jawa Tengah, Anna Maria Megawati ini, melanjutkan latihan di Jakarta, setelah sebelumnya berlatih di Sasana Herry`s Gym di Perth, Australia, sejak 19 September 2010.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010