Guangzhou (ANTARA News) - Tim Bulutangkis Indonesia memenuhi target pada Asian Games XVI/2010, yakni meraih satu medali emas ditambah tiga perunggu.

"Target Indonesia di bulutangkis memang satu emas, terpenuhi udah dari ganda putra. Selama event pemain menunjukkan permainan terbaik mereka," kata Manajer Tim Bulutangkis Indonesia, Yacob Rusdianto, di Guangzhou.

Menurut Yacob, sulit bagi Indonesia untuk bisa melakukan dominasi pasalnya tim negara lain mencatat kemajuan yang signifikan yang membuat persaingan ketat.

Negara manapun di Asia dan dunia, tidak mungkin bisa melakukan dominasi karena kekuatan kian merata. Dalam berbagai kejuaraan pemain Indonesia jarang menempati unggulan teratas, hal itu menggambarkan kekuatan sudah tersebar.

"Malaysia, Thailand, Cina Taipei juga memperlihatkan performance terbaik di Asian Games ini, dan satu emas dan tiga perunggu merupakan hasil maksimal," kata Yacob.

Medali emas dipersembahkan ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan, sedangkan perunggu dipersebahkan pasangan Alven Yulianto/ Muhammad Ahsan, serta dua perunggu lainnya dari nomor beregu putra dan putri.

Hal itu, menurut Yacob merupakan bahan evaluasi ke depan untuk mempersiapkan regenerasi atlet secara lebih cepat dan tepat lagi, sehingga mampu mempertahankan prestasi yang telah dilakukan atlet-atlet yang saat ini sudah memasuki usia senior.

"Fokus PBSI saat ini persiapan tim untuk SEA Games 2011, dan tim ini masih menjadi ujung tombak," kata Yacob.

Sementara itu Tim Bulutangkis Indonesia, rencannya akan kembali ke tanah air pada Senin (22/11). Setelah kumpul di Pelatnas selajutnya akan kembali ke daerah masing-masing.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010