Festival Majapahit 2021 digelar di Mojokerto-Jatim genjot pariwisata

Festival Majapahit 2021 digelar di Mojokerto-Jatim genjot pariwisata

Pamflet informasi pereelaran Festival Majapahit 2021 di Kota Mojokerto, Jatim. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Mojokerto/IS)

Festival Majapahit 2021 muncul menggantikan rencana kegiatan bertajuk Pekan Budaya Majapahit 2021 yang sedianya digelar secara langsung di Taman Benteng Pancasila (Benpas) Juli lalu
Kota Mojokerto, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kota Mojokerto, Jawa Timur menggenjot sektor pariwisata melalui Festival Majapahit 2021 yang digagas Wali Kota Ika Puspitasari berkolaborasi dengan Bank Indonesia secara virtual, yang dijadwalkan diselenggarapan pada Rabu (25/8) 2021.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam keterangan tertulis di Mojokerto, Senin mengatakan, Festival Majapahit 2021 muncul menggantikan rencana kegiatan bertajuk Pekan Budaya Majapahit 2021 yang sedianya digelar secara langsung di Taman Benteng Pancasila (Benpas) Juli lalu.

"Namun, situasi pandemi COVID-19 saat itu terjadi gelombang dua dengan tingkat keterpaparan COVID-19 yang sangat tajam sehingga pergelaran pekan budaya itu tidak mungkin dilaksanakan secara langsung," katanya.

Ia mengatakan awalnya Pemkot Mojokerto bekerja sama dengan Bank Indonesia dalam penyelenggaraan Pekan Budaya Majapahit 2021 untuk mewujudkan program prioritas kepala daerah di bidang pariwisata.

"Kegiatan direncanakan berlangsung digelar di satu titik, yakni Taman Benpas. Namun, situasi pandemi COVID-19 menyebabkan kegiatan harus digelar secara virtual," katanya.

Ning Ita, sapaan akrabnya, mengatakan pembangunan bidang budaya dan pariwisata harus tetap berjalan, meski menghadapi pandemi COVID-19.

"Kami tetap semangat, pantang surut langkah menyelenggarakan kegiatan budaya. Meskipun Festival Majapahit 2021 dikemas secara virtual, tetapi secara substansi hampir sama,"  kata  Ika Puspitasari seraya berharap Festival Majapahit 2021 bisa menjadi pendukung di bidang kepariwisataan.

Sementara itu, Ketua Dewan Kebudayaan Daerah (DKD) Kota Mojokerto Gaguk Tri Parsetyo mengatakan dalam Festival Majapahit 2021 beberapa kegiatan sudah divisualkan, seperti tari Majapahit, pameran batik Majapahit, pergelaran wayang, foto-foto bangunan bersejarah, batik lawasan, dan ajang lainnya.

"Laman yang disajikan panitia pelaksana bisa jadi destinasi festival yang dapat menjangkau publik tanpa sekat geografis, jadi secara jangkauan, festival ini lebih luas," katanya.

Festival yang beradaptasi dengan situasi pandemi COVID-19 ini dimulai pukul 13.00 WIB ditandai dengan sambutan pembukaan oleh budayawan Sudjiwo Tejo yang mendalang tentang Majapahit.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, katanya, juga akan memberi sambutan sekaligus meresmikan Festival Majapahit 2021 yang dapat disaksikan secara langsung melalui laman resmi Festival Majapahit yang beralamat di www.festivalmajapahit.com.

Laman Festival Majapahit dengan tema "Meneladani Kejayaan Majapahit Dalam Memajukan Ekonomi Jawa Timur" yang dimoderatori wartawan Andy F. Noya itu menghadirkan empat nara sumber, antara lain Prof Dr Agus Aris Munandar, dosen Arkeologi UI,  Adrian Perkasa, M.Hum, MA, dosen Departemen Ilmu Sejarah Universitas Airlangga dan kandidat doktor di Universiteit Leiden, Belanda, Diana Putri, perancang busana dan Eko Supriyanto, koreografer, dosen ISI Surakarta.

Publik bisa mengikuti acara yang juga digelar secara virtual melalui zoom meeting dan live streaming Youtube Bank Indonesia Jatim ini.

Baca juga: Seribu penari mayang rontek warnai festival budaya Majapahit

Baca juga: Festival Trowulan Majapahit digelar setiap November

Baca juga: Sembilan negara ikuti "International Majapahit Festival"

Baca juga: Indonesia pentaskan tari "Prajurit Majapahit" di India


 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Massa tarikan Remo di bumi Majapahit

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar