Jayapura (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan apresiasi yang tinggi atas kemajuan pembangunan di Provinsi Papua, meski provinsi paling timur Indonesia itu punya banyak permasalahan kompleks.

"Permasalahan di Papua kompleks dan banyak yang mendasar, tetapi setiap kali saya datang selalu ada kemajuan dalam pembangunannya," kata Presiden di Universitas Cenderawasih Jayapura, Senin.

Menurut Presiden, dirinya sangat optimistis jika seluruh pihak di Papua lebih bekerja keras dengan optimism dan kemauan yang tinggi untuk membangun, maka hasilnya pasti Bumi Cenderawasih ini akan lebih maju lagi.

"Meski belum seluruh kabupaten di Papua saya datangi, tetapi saya sangat bangga dengan kemajuan pembangunan Papua," katanya.

Presiden mengemukakan, dirinya juga telah bertemu dan berbicara dengan Gubernur Papua dan Papua Barat mengenai isu pembangunan dan kendala-kendala yang apa saja yang dihadapi.

"Pada prinsipnya saya sangat mendukung terus untuk pembangunna di papua dan Papua Barat," kata Kepala Negara.

Presiden juga mengemukakan, kalau dirinya sudah memerintahkan kepada Gubernur Papua dan Papua Barat untuk membangun zona ekonomi dibeberapa wilayahnya.

"Untuk Papua, Saya telah instruksikan Gubernur untuk bangun ekonomik zone di Mamberamo, Merauke dan Timika. Saya yakin masa depan tanah Papua akan lebih baik lagi dan mencerminkan kemampuan bangsa kita. Terutama dari besarnya alokasi dana untuk provinsi ini," demikian Presiden Yudhoyono.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungannya di Jayapura, antara lain Ibu Ani Yudhoyono, Menko Kesra Agung Laksono, Mendagri Gamawan Fauzi, Menkeu Agus Martowardojo, Mentan Suswono, Mensesneg Sudi Silalahi, Mendiknas Muhamad Nuh, Seskab Dipo Alam, Panglima TNI Agus Suhartono dan Kapolri Timur Pradopo.
 (T.KR-MBK/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010