perlu kepekaan dan kepedulian terhadap sesama
Jakarta (ANTARA) - Lembaga pendidikan Indonesian International Education Foundation (IIEF) membuka kesempatan beasiswa bagi 130 siswa yang memiliki latar belakang dari keluarga yang bekerja di sektor penerbangan.

“Pandemi COVID-19 memiliki dampak besar pada sektor penerbangan atau jasa angkutan udara. Pembatasan perjalanan akibat pandemi COVID-19 membuat maskapai harus menerapkan langkah ekstrem seperti melakukan efisiensi pegawai,” ujar Direktur IIEF, Diana Jahja, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

IIEF kemudian menggagas program Beasiswa Cakrawala, sebuah program bantuan pembiayaan pendidikan dan penguatan kapasitas bagi para siswa SMA dan mahasiswa yang orang tuanya bekerja atau pernah bekerja di perusahaan atau maskapai penerbangan yang terkena dampak pandemi COVID-19.

“Akses pendidikan harus diperjuangkan apapun alasannya. Pandemi memang membawa banyak cerita sedih, lebih dari 30 juta orang terkena dampaknya. Mulai dari PHK, pengurangan jam kerja dan gaji. Untuk itulah perlu kepekaan dan kepedulian terhadap sesama agar bisa menolong hidup banyak orang,” jelas dia.

Baca juga: DKI beri beasiswa anak tenaga kesehatan yang meninggal tangani Corona
Baca juga: Sandiaga bantu beasiswa Rp25 juta untuk yatim-piatu akibat COVID-19


Program Manager IIEF, Fenty Agtiffantono, mengatakan beasiswa yang diluncurkan pada 17 Agustus 2021 akan dibuka hingga 30 September dan menyasar 130 penerima beasiswa di wilayah Jabodetabek.

Komponen beasiswa yang diberikan yakni tunjangan belajar selama satu tahun untuk siswa SMA sebesar Rp12 juta, sedangkan untuk mahasiswa sebesar Rp19,2 juta.

Penerima beasiswa juga akan mendapatkan program pendampingan non-akademis serta pengembangan kepemimpinan dan profesional. Dana kegiatan bersama untuk merencanakan dan menjalankan proyek sosial kepada masyarakat untuk mengasah nilai-nilai pengabdian sosial.

“Target dari Beasiswa Cakrawala adalah membantu meringankan dana pendidikan dari penerimanya, serta menumbuhkan jiwa leadership dan kepekaan sosial dari para anak-anak muda ini," kata Fenty.

Informasi lengkap seputar persyaratan, kualifikasi pendaftar serta formulir pendaftaran dapat diunduh di laman www.iiefsustainableeducation.id.

Baca juga: 2.050 beasiswa YBM-BRI Smart Scholarship dialokasikan saat pandemi
Baca juga: Baznas Jaksel salurkan beasiswa untuk 755 mahasiswa terdampak COVID-19
Baca juga: BAZNAS targetkan kerja sama penyaluran beasiswa dengan 500 kampus


Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021