Palembang (ANTARA News) - Pelatih Tim Nasional Indonesia Alfred Reidl mengatakan bahwa ia belum menentukan pemain inti untuk berlaga di Piala Asian Football Federation yang dituanrumahi Indonesia pada 1 hingga 29 Desember mendatang.

Menurut Reidl di Palembang, Senin, penentuan masih membutuhkan beberapa laga uji coba lagi untuk memantapkan komposisi pemain.

"Masih ada satu uji coba lagi yang akan dilakukan timnas. Setelahnya, saya baru akan menentukan star eleven," ujar dia.

Dia menjelaskan terdapat beberapa pemain yang masih akan diamati dalam uji coba berikutnya, yakni melawan China Taipeh di Palembang, Rabu (24/11).

"Saya masih melihat kondisi pemain, terutama dalam uji coba terakhir lawan Taiwan nanti," kata dia.

Meskipun masih bungkam dengan pemain yang akan diplot sebagai star eleven, tapi, Riedl tak membatah cukup puas dengan skema pemain yang diturunkannya pada laga uji coba melawan Timor Leste di Palembang, Minggu (21/11).

Pada pertandingan itu, Timnas Indonesia membumkam Timor Leste dengan skor telak 6-0.

"Pertandingan melawan Timor Leste bisa dikatakan sebagai kerangka dan formasi inti untuk persiapan Piala AFF. Tapi, untuk pastinya mungkin setelah lawan Taiwan," kata dia.

Menurut dia, skuad besutannya belum benar-benar diuji pada laga melawan Timor Leste karena tim lawan tidak bermain dengan performa terbaik.

"Timor Leste menjadikan uji coba lawan Indonesia sebagai kesempatan untuk memantapkan taktik dan strategi. Jadi, tidak tampil habis-habisan. Sehingga tidak dapat dijadikan indikator untuk menilai kwalitas pemain kita, apalagi memang secara peringkat FIFA mereka berada dibawah Indonesia," ujar dia.

Dia pun berpendapat, laga uji coba melawan China Taipeh yang dapat dijadikan indikator kemampuan pemain Timnas Indonesia.

(ANT-039/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010