Jambi (ANTARA News) - PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja Jambi akan menggandeng Dinas Peternakan Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk menggulirkan bantuan 240 sapi di daerah tersebut.

"Bentuknya adalah pola kemitraan, bantuan sapi akan segera kami gulirkan ke beberapa kelompok tani di Desa Desa Lempisi, Kecamatan Renah Mendaluh, Kabupaten Tanjung Jabung Barat," ujar Kepala Cabang PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Jambi Iswandi Syarully di Jambi, Senin.

Dia menjelaskan, 240 sapi tersebut akan diserahkan kepada 60 kepala keluarga (KK) di Kecamatan tersebut. Satu KK akan menerima empat sapi.

Dipilihnya Kabupaten Tanjabbar, lanjutnya, didasarkan atas rekomendasi dari Perusahaan Nasional Madani (PNM).

"Pemkab hanya sebatas menjembatani, dan mengawasi pelaksanaan kemitraan ini agar dapat berjalan dengan baik," jelasnya.

Secara terpisah, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Tanjung Jabung Barat Riskan Irawan menyebutkan, program kemitraan antara PT Jamsostek Jambi dengan Disnak tersebut akan dilaksanakan Desember 2010.

Dalam kemitraan itu, kata Riskan, PT Jamsostek juga menggandeng Bank Jambi. "Tidak hanya bantuan ternak yang akan digulirkan. Namun juga pinjaman lunak dengan bunga enam persen," ujarnya.

Untuk meningkatkan program kemitraan itu, Disnak akan membuat program pendukung. Salah satunya dengan membangun pasar hewan, rumah potong hewan (RPH) dan sentral pembibitan.

"Fasilitas tersebut akan dibangun setelah proses pemberian bantuan selesai," kata Riskan.(*)
(T.KR-BS/N002/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010