Peneliti Remaja Peroleh Penghargaan LIPI

Peneliti Remaja Peroleh Penghargaan LIPI

(ANTARA/Grafis/Hanmus)

Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menganugerahi penghargaan kepada sembilan pemenang Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) 2010 yang meneliti mulai dari suku Kajang, ekstrak ciplukan untuk kanker payudara hingga abu ampas tahu untuk Fenol.

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Dr Lukman Hakim dalam sambutannya pada pengumuman pemenang PPRI ke-9 dan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-42 itu di Jakarta, Selasa malam, mengungkapkan, kegiatan ini menjadi fondasi bagi pengembangan kreativitas remaja dalam perkembangan teknologi di masa depan.

"Melalui hasil karya ini akan membawa manfaat bagi pengoptimalisasian sumber daya manusia yang unggul dan penggunaan teknologi yang kompetitif," kata Lukman pada pemberian hadiah kepada pemenang pertama, kedua dan ketiga di tiga bidang yang diperuntukkan bagi mahasiswa itu.

Untuk bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK), pemenang pertama adalah Arham Rahman, Asriyani Mappiwali dan Andi Karmila Ningsih, mahasiswa dari Universitas Negeri Makassar (Fakultas Bahasa dan Sastra) dengan judul penelitian "Eksistensi Penerapan Prinsip Kamase-Masea Masyarakat Adat Ammatoa Kajang di Tengah Perkembangan Dialektika Modernisasi".

Pemenang I bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah Ameilinda Monikawati, Inna Amandari dan Sofa Farida dari Universitas Gadjah Mada (Fakultas Farmasi) Yogyakarta dengan judul penelitian "Aktifitas Kemopreventif Ekstrak Etanolik Herba Ciplukan (Physalis angulata L.) pada Kanker Payudara: Kajian Secara In Vitro dan In Vivo".

Sedangkan bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa Pemenang I adalah Humaira dan Irahayu Sudarwati dari Universitas Airlangga (Fakultas Sains dan Teknologi), Jawa Timur, dengan judul penelitian ?Abu Ampas Tebu Sebagai Bahan Penyusun Katalis TS-1 pada Produksi Fenol Pabrik Petrochemical?.

Sementara itu LIPI juga menganugerahi penghargaan kepada sembilan pemenang LKIR, yakni untuk remaja sekolah menengah pertama dan atas.

Di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) Pemenang I adalah Pebrian, Alanikika Pratyaksa dan Vina Nurlita dari SMA N 1 Malingping, Lebak, Banten yang mengajukan penelitiannya dengan judul ?30 Hari Menjadi Anak Nelayan: Kajian Tentang Kehidupan Sosial Keluarga Nelayan di Desa Muara-Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Lebak, Banten.

Untuk bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) LKIR, Pemenang I jatuh pada Yan Restu Freski dan Darmadi dari Taman Pintar Science Club, Yogyakarta, DIY dengan judul ?Analisis Terhadap Pembelokan Aliran Sungai Opak saat Bermuara di Samudera Hindia (Studi Terhadap Faktor-faktor dan Proses Pembelokan Aliran Sungai)?.

Sedangkan Pemenang I bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa LKIR adalah Muh. Imam Mukhtar Shidiq dan Agustina Slamet dari SMK N 2 Depok, Sleman, DIY dengan judul ?The Box Cleaner of Emission (Meminimalisir Polusi Gas Buang Kendaraan Bermotor pada Proses Penservisan)?.

Kepala Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan IPTEK (BKPI) LIPI Dr. Deddy Setiapermana mengatakan, para Pemenang LKIR dan PPRI akan mendapatkan hadiah masing-masing Pemenang I sebesar Rp 12 juta, Pemenang II sebesar Rp 10 juta serta Pemenang III sebesar Rp8 juta.(*)

D009/Z002

Pewarta: NON
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Pakar biologi molekuker: Indonesia perlu membuat vaksin sendiri

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar