Kendari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara akan melakukan penjemputan khusus terhadap peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2021 di nomor Ganda Putri Cabang Bulutangkis Apriyani Rahayu, yang dikabarkan akan pulang ke kampung halamannya di kabupaten Konawe.

"Saya selaku ketua Pengprov PBSI Sultra mendapat kabar bahwa Apriani akan mudik mengunjungi keluarganya di Konawe pada Jumat (27/8) pekan ini, mudah-mudahan bisa dijemput oleh Gubernur Ali Mazi," ungkap Ketua Pengprov Sultra, LM Bariun di Kendari, Selasa.

Menurut Barian, pihaknya belum tahu teknis penjemputan bagi seorang Apriani Rahayu, namun saat tiba di bandara nanti, namun mengatakan, bahwa bila mengacu pada tata cara protokoler tentu ada aturannya.

Baca juga: Ketenangan hati kunci Greysia/Apriyani juarai Olimpiade

Sementara itu Sekda Pemprov Sultra Hj. Endang Abbas mengaku akan menjemput Apriani Rahayu jika sudah tiba di Bandara Haluoleo Kendari dan langsung diarak menuju Rujab Gubernur sebelum menuju ke Konawe kampung halamanya.

"Saya sudah koordinasi dengan pak gubernur, dan pak gubernur meminta kepada saya untuk mewakili pemprov Sultra menjemput Apriani di Bandara. Dari Bandara kita arak Apriani ke Rujab Gubernur tetapi dengan protokol kesehatan," papar Endang Abbas, di sela-sela memimpin rapat koordinasi tentang persiapan Kontingen Sultra menuju PON XX Papua.

Mengenai hadiah yang akan diberikan Pemprov kepada Apriani atas prestasinya tersebut, Sekda Endang Abbas memastikan jika Pemprov menyiapkan satu unit mobil jenis Innova sebagai bentuk apresiasi.

"Pemprov sudah berjanji menyiapkan satu unit mobil buat Apriani namun dana hadiah ini akan dialokasikan melalui APBD Sultra, apakah di APBD perubahan 2021 atau APBD induk 2022, tapi yang jelas kita tetap berikan," kata Endang Abbas.

Baca juga: Greysia/Apriyani terima hadiah apartemen dari pengusaha mantan atlet

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021