Sentani (ANTARA News) - Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Marthin Hatfull, berkunjung ke Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, yang diterima langsung Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae,S.Sos,MM diruang kerjanya, Rabu.

Hadir dalam pertemuan itu Wakil Bupati Zadrak Wamebu,SH,MM, Asisten I Sekertaris Daerah (Sekda) DR Jack Ayamiseba,SH, Asisten III Buce D. Batkorumbawa, dan seluruh Kepala satuan Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Jayapura, selain memperkenalkan diri sebagai pejabat Duta Besar untuk Indonesia, Marthin juga memaparkan maksud kedatangannya di bumi Kenmbay Umbay itu.

Kedatangannya antara lain untuk menjalin kerja sama dalam mengurangi tingkat kemiskinan, peningkatan ekonomi, dan mengatasi masalah perubahan iklim di daerah yang terkenal dengan pemberdayaan distrik atau kampung ini.

"Maksud kedatangan saya di Kabupaten Jayapura adalah untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah setempat guna mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat di sini," katanya.

Sebenarnya, lanjut Marthin, kerja sama ini sudah lama dilakukan bersama Pemerintah Provinsi Papua.

Sementara Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae,S.Sos,MM, kepada wartawan seusai pertemuan mengatakan, pihaknya menyambut baik tawaran Duta Besar Inggris tersebut.

"Kami menyambut baik tawaran dari siapa saja yang ingin bersama dengan kami untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tambah Bupati.

Sejumlah kebijakan sudah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat daerah ini, seperti program gerakan wajib tanam kakao (GWTK), usaha ternak sapi sebagai ekor bisnis yang utama.

Diakui Habel Suwae, masih banyak masyarakatnya yang hidup di bawah garis kemiskinan.
(T.KR-HLM/S019/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010