Bogor (ANTARA News) - Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) Institut Pertanian Bogor kembali menggelar bursa kerja bertajuk "IPB Job Fair" 2010, yang akan diselenggarakan pada 27-28 November 2010.

Direktur Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni IPB Dr Ir Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.F.Trop kepada ANTARA di Bogor, Rabu, menjelaskan, pihaknya terus berupaya menjadi fasilitator untuk menyatukan kepentingan dunia usaha sebagai penyedia lapangan kerja dengan lulusan IPB, perguruan tinggi lain, dan masyarakat umum dengan menyelenggarakan kegiatan bursa kerja itu.

Ia merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan tingkat pengangguran terbuka di Indonesia pada tahun 2009 mencapai 8,14 persen dari total angkatan kerja atau sebanyak 9,26 juta orang belum memiliki pekerjaan.

Jumlah pengangguran dari kalangan perguruan tinggi pun, kata dia, relatif meningkat.

Di lain pihak, perusahaan mengeluhkan semakin sulit mendapatkan kandidat yang benar-benar sesuai mengingat bahwa ada banyak kandidat yang tersedia tetapi sangat sedikit yang memiliki kualifikasi memadai.

Berdasarkan pemikiran tersebut, kata dia, DPKHA IPB atau yang lebih dikenal dengan CDA-IPB (Career Development & Alumni Affairs IPB) secara periodik setiap tahun mengadakan kegiatan bursa kerja dimaksud.

Menurut dia, kegiatan umum bursa kerja yang dipusatkan di gedung Graha Widya Wisuda Kampus Darmaga itu bertujuan untuk membekali lulusan perguruan tinggi mengenai persiapan diri memasuki dunia kerja.

Kemudian, memfasilitasi kalangan dunia usaha dalam mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang diperlukan, memfasilitasi para pencari kerja, khususnya alumni perguruan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan.

Selain itu, membangun hubungan yang sinergis dan saling menguntungkan antara IPB dengan kalangan dunia usaha khususnya dalam penyediaan kebutuhan SDM lulusan yang sesuai kebutuhan.

Ia mengatakan, bursa kerja itu akan dimeriahkan oleh puluhan perusahaan dan diperkirakan akan dihadiri ribuan pengunjung.

Perusahaan yang berpartisipasi terdiri atas perusahaan yang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan, perbankan, keuangan, pendidikan, industri, dan sebagainya.

Sedangkan pengunjung adalah dari kalangan alumni mahasiswa perguruan tinggi baik IPB maupun universitas lain di Bogor dan sekitarnya, serta masyarakat umum yang ingin mencari kerja atau mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

Menurut dia, rangkaian acara bursa kerja itu terdiri atas "Career Expo", pemaparan perusahaan, temu wicara bertema "Sukses Memasuki Dunia Kerja", kiat sukses melamar kerja, dan "IPB HRD Forum"

Kegiatan "Career Expo" merupakan kegiatan pameran yang diikuti oleh perusahaan peserta bursa kerja.

Pada kegiatan tersebut setiap perusahaan membuka lowongan pekerjaan, menerima surat lamaran bahkan melakukan seleksi lulusan perguruan tinggi untuk direkrut menjadi karyawannya.

Ia mengatakan, puluhan perusahaan akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Sedangkan pengunjung ditargetkan sebanyak 3.000 orang yang merupakan lulusan IPB, mahasiswa/alumni universitas lain di Bogor dan sekitarnya, serta peserta umum.

Untuk keterangan lebih lanjut, kata Dodik Ridho Nurrochmat, peminat bursa kerja bisa menghubungi Sekretariat panitia "IPB Job Fair" 2010 di Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni Gedung Rektorat Lantai 1, Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680, dengan nomor telepon/fax (0251 8623327/8627446) atau telepon seluler 0811-1102133.(*)
(ANT-053/Z002/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010