penyuntikan Pfizer diprioritaskan untuk ibu hamil, ibu menyusui, pasien yang memiliki kondisi "immunocompromised" seperti autoimun, komorbid berat, penyakit kronis, dan gangguan imunologi lainnya
Jakarta (ANTARA) - Puskesmas Kecamatan Johar Baru menerapkan sistem kuota dalam program vaksinasi COVID-19 menggunakan produk Pfizer yang menyasar warga berusia 12 tahun ke atas yang diselenggarakan untuk pertamakalinya pada Rabu.

Kepala Puskemas Kecamatan Johar Baru Hayfa Husein mengatakan penyuntikan vaksin Pfizer baru dimulai Rabu ini dengan jumlah vaksin yang disiapkan sebanyak 100 dosis setiap harinya.

"Puskesmas Johar Baru dipercaya menerima vaksin Pfizer. Hari ini kami menerima 100 kuota untuk warga yang telah terdaftar melalui aplikasi Jaki," kata Hayfa di Puskesmas Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu.

Hayfa menjelaskan peserta vaksin Pfizer harus terlebih dahulu mendaftarkan dirinya secara daring melalui aplikasi Jakarta Kini (JaKi).

Berdasarkan data Puskesmas, sudah ada 97 warga yang telah mendaftar untuk mendapatkan vaksin asal Amerika Serikat tersebut.

Hayfa menegaskan hanya warga yang belum menerima vaksin dosis satu maupun kedua yang dapat menerima suntikan Pfizer.

Layaknya vaksin Moderna, penyuntikan Pfizer diprioritaskan untuk ibu hamil, ibu menyusui, pasien yang memiliki kondisi "immunocompromised" seperti autoimun, komorbid berat, penyakit kronis, dan gangguan imunologi lainnya.

"Vaksin Pfizer ini juga bisa digunakan untuk ibu hamil maupun warga yang memiliki autoimun, namun tentu disertai keterangan dokter," kata Hayfa.

Selain pasien dengan ketentuan tersebut, peserta vaksin juga harus memiliki KTP DKI atau berdomisili DKI.

Ada pun Puskesmas Kecamatan Johar Baru merupakan salah satu fasilitas kesehatan (faskes) dari 16 faskes di DKI Jakarta yang membuka penyuntikan vaksin Pfizer untuk masyarakat umum berusia 12 tahun ke atas.

Vaksin COVID-19 Pfizer memiliki efikasi 95 persen yang harus disimpan pada suhu minus 70 derajat celsius dengan masa kadaluwarsa selama enam bulan. Apabila disimpan pada suhu 2-8 derajat celsius, vaksin dapat bertahan hingga 30 hari.

Baca juga: Gubernur Banten disuntik vaksin COVID-19 Pfizer dosis pertama
Baca juga: Dinkes Kota Tangerang terima 163.800 dosis vaksin Pfizer
Baca juga: DKI buka vaksinasi Pfizer di 16 fasilitas kesehatan

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021