London (ANTARA News) - Belum lama ini Rupert Murdoch dikabarkan akan meluncurkan surat kabar digital untuk iPad awal tahun depan. Richard Branson, pemimpin Virgin Group, rupanya tak mau kalah.

Branson akan meluncurkan majalah baru yang dirancang secara eksklusif untuk iPad. Majalah itu akan diluncurkan di New york pekan depan, seperti dikutip dari Telegraph.

Majalah yang akan diluncurkan itu masih belum memiliki nama. Putri Branson, Hollie Branson, akan memimpin majalah itu bersama Anthony Noguera, mantan editor majalah seperti Zoo, FHM dan Arena.

Bila surat kabar Murdoch yang bernama "The Daily" fokus pada hal-hal serius, majalah Branson fokus pada hiburan dan budaya.

Proyek Murdoch dilaporkan menghabiskan biaya 30 juta dolar, dan akan diperkenalkan untuk pertama kalinya bulan depan.

Langkah ini sejalan dengan fokus Murdoch untuk memastikan media itu dibayar pengakses, pos pendirian dari "paywall" sekitar The Times Times dan Sunday Times di Inggris awal tahun ini.

Namun, dengan terjualnya hampir 13 juta iPads tahun ini, dan munculnya "app store" untuk "smartphone" menjadi patokan peningkatan jumlah, membayar untuk konten melalui aplikasi, sejauh ini telah terbukti lebih cocok untuk banyak konsumen, dari "micropayment" melalui browser.

Virgin menyebut penciptaan iPad sebuah publikasi "multimedia revolusioner."

(ENY/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010