Polda Jateng akan lakukan penyekatan di tiap akhir pekan

Polda Jateng akan lakukan penyekatan di tiap akhir pekan

Polisi dan petugas Dinas Perhubungan memeriksa dokumen syarat melakukan perjalanan pengemudi yang keluar tol saat dilakukan Penyekatan Kendaraan di Pintu Tol Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (22/7/2021). Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah sejak dilakukan penyekatan di pintu tol jumlah kendaraan yang masuk ke Jateng turun hingga 48,6 persen atau sekitar 17.857 kendaraan dari sebelum ditutup sekitar 36.706 kendaraan, sedangkan jumlah kendaraan keluar dari pintu tol dari sekitar 24.414 kendaraan turun menjadi 16.130 kendaraan atau 39 persen. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc.

Semarang (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah akan kembali melakukan penyekatan di akhir pekan untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 akibat meningkatnya mobilitas masyarakat yang banyak bepergian pada waktu tersebut.

"Sesuai perintah kapolda, penyekatan akan digiatkan kembali pada setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu," kata Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Rudy Syafirudin di Semarang, Kamis.

Ia menjelaskan terdapat lonjakan mobilitas pengguna jalan, baik antarwilayah di Jawa Tengah maupun yang berasal dari luar provinsi ini saat akhir pekan.

Baca juga: Penutupan pintu keluar tol di Jateng diperpanjang sampai 25 Juli

Menurut dia, banyak masyarakat yang berlibur maupun mengunjungi sanak saudaranya.

Dalam penyekatan nanti, lanjut dia, pengguna jalan harus diwajibkan sudah divaksin dengan bukti yang ditunjukkan dalam aplikasi Pedulilindungi.

Bagi pengguna jalan yang belum divaksin, kata dia, akan diarahkan untuk mengikuti vaksinasi yang nantinya juga akan disediakan di titik-titik penyekatan tersebut.

Baca juga: Ganjar minta petugas antisipasi jebolnya penyekatan pemudik di Jateng

"Tujuannya edukasi untuk pengguna jalan. Tidak ada yang akan diputar balik," katanya.

Adapun pola penyekatan, jelas dia, akan dilakukan di perbatasan-perbatasan antar kabupaten/ kota serta secara acak di tempat-tempat istirahat di jalan tol.

Ia menuturkan angka COVID-19 di Jawa Tengah saat ini sudah terkendali.

Oleh karena itu, lanjut dia, mobilitas masyarakat tetap harus dikendalikan agar angka COVID-19 tidak kembali meningkat.

Baca juga: Jabar dan Jateng siagakan ratusan titik penyekatan antisipasi pemudik

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Penyekatan mudik 43 ribu kendaraan diputar balik dari Jatim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar