Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan membuka Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka Wirakarya yang dipusatkan di kawasan Seulawah, Kabupaten Pidie, dalam kunjungan kerja dua harinya di Aceh, 29-30 November.

Kepala Negara beserta rombongan, Senin pagi sekitar pukul 10.00 WIB, bertolak menuju Aceh dari Bandara Halim Perdanakusuma dengan menggunakan pesawat khusus Boeing 737-800.

Kepala Negara beserta rombongan dijadwalkan tiba di Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda sekitar pukul 12.45 WIB.

Selain membuka Jambore Nasional, Presiden juga akan melakukan penanaman pohon trembesi dan penyerahan 120 ribu bibit trembesi kepada Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan secara simbolis kursi perdamaian dari Gubernur Aceh kepada Presiden Yudhoyono.

Sebelumnya Ketua Kwartir daerah (Kwarda) Pramuka Aceh Muhammad Nazar mengatakan Jamnas Wirakarya akan diikuti sekitar 10.000 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

Selain gerakan kepanduan di seluruh Indonesia, Jamnas Wirakarya di bumi perkemahan Seulawah itu juga diikuti peserta dari sejumlah negara kawasan ASEAN dan Timur Tengah

Jamnas itu diselenggarakan di Bumi Perkemahan Seulawah atau berjarak sekitar 75 kilometer arah timur Kota Banda Aceh.

Dikatakannya, areal perkemahan Jamnas Wirakarya yang digunakan saat ini sekitar 52,2 hektare dari luas area yang tersedia mencapai 120 hektare.

Sementara itu Kabid Humas Polda Aceh, Kombes (Pol) Farid AS menyebutkan pihak kepolisian siap mengamankan kunjungan Presiden Yudhoyono untuk membuka Jamnas Wirakarya 2010 di kawasan Seulawah.

Dia menyebutkan sedikitnya 871 personil Polri gabungan akan dikerahkan untuk mengamankan rute yang akan dilalui Kepala Negara dan rombongan.
(ANT/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010