Washington (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional, Kamis mengatakan, tidak menentukan jumlah pinjaman untuk negara-negara zona euro atau negara anggota lainnya, di tengah diskusi tentang ukuran dana stabilitas Eropa.

IMF meminjamkan uang "kepada anggota individu, negara-negara anggota kami dalam dasar kasus per kasus," kata juru bicara Caroline Atkinson pada konferensi pers di markas IMF di Washington.

"Kami tidak menyumbangkan uang ke sebuah kolam untuk kelompok tertentu dari anggota."

Pernyataan juru bicara wanita itu datang sehari setelah laporan-laporan mengatakan Amerika Serikat akan mendukung sebuah kenaikan lebih besar melalui 187-negara IMF ke Dana Stabilitas Uni Eropa.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada AFP, Rabu, Amerika Serikat saat ini tidak membahas peningkatan semacam itu.

Pada Mei, Uni Eropa mengumumkan rencana penyokong tiga tahun untuk membantu negara-negara zona yang sarat utang yang kesulitan untuk meminjam di pasar.

Triliunan dolar Dana Stabilitas Keuangan Eropa menawarkan jaminan 440 miliar euro (581,9 miliar dolar) didukung oleh negara-negara zona euro dan IMF.

Menurut Atkinson, jaminan IMF menimbulkan masalah bagi keuangan dana.

"Sumber dana itu berada dalam posisi keuangan yang kuat untuk mengatasi kebutuhan anggota kami," katanya.

Juru bicara juga menyambut komentar kepala Bank Sentral Eropa

Jean-Claude Trichet Kamis yang menekankan kesediaan bank sentral untuk menopang sebuah pemulihan ekonomi zona euro yang goyah.

"Itu penting bahwa Bank Sentral Eropa, bahwa Presiden Jean-Claude

Trichet, menekankan pentingnya melakukan apa yang diperlukan untuk melestarikan stabilitas keuangan di zona euro," katanya.(*)
AFP/A026/S004

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010