PON 2021 Papua

Pemprov Papua apresiasi kedatangan 316 unit bus operasional PON XX

Pemprov Papua apresiasi kedatangan 316 unit bus operasional PON XX

KM Dharma Kencana VII yang mengangkut 428 unit bus operasional PON XX dan Peparnas XVI Papua. ANTARA/Hendrina Dian Kandipi

Ke-316 bus yang terdiri dari bus (pariwisata) dan micro bus tersebut akan beroperasi di klaster Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.
Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Papua mengapresiasi kedatangan 316 unit bus operasional transportasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI yang tiba di Pelabuhan Jayapura menggunakan KM Dharma Kencana VII, Rabu.

Ke-316 bus yang terdiri dari bus (pariwisata) dan micro bus tersebut akan beroperasi di klaster Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.
 
Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun di Jayapura, Rabu mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi bantuan dari Presiden Joko Widodo dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan dalam mendukung kesuksesan PON XX Peparnas XVI di Bumi Cenderawasih.
 
"Kami sangat berbangga dan mewakili Gubernur Papua menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan dukungan lebih dengan memberikan kendaraan untuk menopang penyelenggaraan PON dan Peparnas," katanya.
 
Senada dengan Ridwan Rumasukun, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Recky D. Ambrauw mengatakan total bantuan bus dan micro bus yang tiba di empat klaster berjumlah 428 unit di mana Kabupaten Mimika dan Merauke lebih dulu tiba dengan jumlah 112 unit.
 
"Jadi bus bantuan dari Kementerian Perhubungan dukungan untuk PON ini berjumlah 428 unit," katanya.
Baca juga: Kapolri pastikan persiapan pelaksanaan PON XX Papua sudah maksimal
Baca juga: Menpora: Persiapan PON Papua sudah mencapai 90 persen
Menurut Recky, terdapat dua tipe, yakni bus medium yang jumlahnya 211 unit, yakni Kementerian Perhubungan yang menyewa bus-bus pariwisata beserta dengan sopirnya.
 
"Lalu tipe berikutnya micro bus baru yang berwarna kuning sebanyak 217 unit," ujarnya.

Dia menjelaskan sehingga pihaknya diberikankan kewenangan dari Kementerian Perhubungan untuk merekrut supir atas permohonan Gubernur Papua kepada Presiden RI.

"Dua jenis bus tersebut nantinya akan terbagi untuk melayani hanya khusus atlet dan ofisial sejak kedatangan hingga pelaksanaan," katanya lagi.
 
Dia menambahkan yang melayani atlet dan ofisial untuk beberapa cabang olahraga yang ada di klaster Kota Jayapura berjenis bus medium berjumlah 88 unit, bus micro 88 unit, sehingga totalnya 176 unit.

"Untuk beberapa cabang olahraga di klaster Kabupaten Jayapura itu juga akan dilayani bus medium dengan 26 seat sebanyak 51 unit dan bus micro 89 unit, jadi jumlahnya 140 unit," ujarnya lagi.
 
Sekadar diketahui, untuk Kabupaten Mimika itu 42 unit jenis bus medium, 25 unit jenis bus micro, dan untuk Kabupaten Merauke jenisnya bus medium 30 unit dan yang bus micro 15 unit.

Mulai 1 September, bus-bus tersebut sudah aktif beroperasi di mana pool untuk Kota Jayapura ada di PTC, untuk Kabupaten Jayapura di daerah Nendali, perumahan Sagita.
Baca juga: Masih ada semangat PON XX di tengah pandemi COVID-19

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sukses, Ketua Harian PB PON XX berterima kasih kepada Presiden

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar