Bogor (ANTARA News) - Pendiri dan mantan Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) 1990-2000 BJ Habibie akan mendapatkan penghargaan ICMI "Award" 2010 dari "muktamirin" atau peserta Muktamar ke-V.

Ketua Panitia Daerah Muktamar ke-V ICMI, Abidin Said di Bogor mengemukakan, penganugerahan ICMI "Award" bagi mantan Presiden BJ Habibie sebagai wujud apresiasi dan terima kasih atas jasa serta pengabdian dalam mengembangkan organisasi tersebut.

"ICMI akan memberikan `award` kepada Pak BJ Habibie. Beliau memiliki jasa dan peran besar dalam membangun organisasi," ujar Abidin dalam perbincangan dengan ANTARA di Bogor, Senin.

BJ Habibie tercatat sebagai salah seorang tokoh utama di balik lahirnya ICMI pada Desember 1990.

Selain itu putra kelahiran Sulawesi Selatan tersebut juga dipercaya mengemban amanah sebagai ketua ICMI dua periode yaitu 1990-1995 dan 1995-2000.

"Jasa Pak Habibie dalam pengembangan ICMI sangat besar. Sudah sewajarnya beliau mendapatkan `award`," papar Abidin Said yang juga sekretaris Orwil ICMI Bogor.

Selain memberikan "award" pada BJ Habibie, ICMI juga akan memberikan anugerah penghargaan serupa bagi pencipta "hymne Amanahmu" atau lagu khas organisasi tersebut yaitu Rudy Achmad Fachruddin Fattah.

Hymne ICMI diciptakan pada Desember 1997 saat dilaksanakan Silaturrahmi Kerja Nasional (Silaknas) ICMI di Kota Bogor, Jawa Barat.

"ICMI juga akan memberikan `award` pada Rudy Achmad Fachruddin Fattah sebagai pencipta hymne ICMI," imbuhnya.

Muktamar ke-V ICMI dipusatkan di Kota Bogor, Jawa Barat, 4-7 Desember 2010.

Perhelatan akbar lima tahunan ICMI tersebut dihadiri sekitar 1.000 peserta yang berasal dari 34 provinsi se-Indonesia.  (ANT-053/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010