London (ANTARA News) - Pemerintah Inggris mengutuk pembeberan daftar rahasia jaringan kunci infrastruktur global yang disusun Amerika Serikat (AS) oleh WikiLeaks karena dinilai kebocoran tersebut dapat "membahayakan keamanan nasional".

Memo diplomatik AS pada Februari 2009 menyebutkan sejumlah lokasi kabel bawah laut, sistem satelit dan lokasi pertahanan Inggri di antara sejumlah lokasi kunci di seluruh penjuru dunia yang dinilai penting bagi keamanan AS.

"Kami tegas mengutuk pembeberan tidak sah informasi rahasia ini," kata seorang juru bicara di kantor Perdana Menteri (PM) David Cameron di Downing Street, layaknya dilaporkan AFP, Senin.

"Kebocoran dan publikasi itu merusak keamanan nasional di AS, Inggris dan di sejumlah tempat lain. Adalah sangat penting bahwa pemerintah mampu beroperasi atas dasar kerahasiaan informasi."

Laman WikiLeaks membeberkan daftar tiga lokasi yang dimiliki oleh BAE Systems, dan juru bicara bagi perusahaan pertahanan tersebut mengatakan jika "BAE Systems mengakui perannya sebagai pemelihara industri kunci dan aset militer."

"Kami prihatin pada setiap kegiatan yang memkompromikan ini."

(Uu.G003/B002/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010