Bogor (ANTARA News) - Ketua Panitia Pengarah Muktamar ke-V Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Hidayat Syarief, menyatakan Pancasila dan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya adalah wujud peradaban madani Indonesia.

Hidayat Syarief di sela-sela penutupan Muktamar ke-V ICMI di Bogor, Selasa, mengemuakan, organisasi tersebut memiliki visi mewujudkan peradaban Indonesia madani.

Menurut Hidayat, peradaban Indonesia yang madani yang dimaksudkan ICMI tersebut yaitu tatanan masyarakat seperti yang tercermin pada zaman Nabi Muhammad SAW.

Tatanan masyarakat yang diikat dalam kesepakatan bersama bernama "Piagam Madinah" memberikan jaminan bagi semua agama dan pemeluknya untuk hidup secara berdampingan.

Piagam Madinah menganjurkan semua pihak agar menunjukkan rasa hormat dan tolerasni antarsatu dengan yang lainnya untuk mewujudkan misi damai dan kesejahteraan bersama dalam kehidupan.

"Nilai-nilai yang diajarkan dalam Piagam Madinah sudah tercantum dalam Pancasila. Itulah wujud peradaban madani," papar Hidayat.

Oleh karena itu, guru besar pada Fakultas Ekologi Manusia IPB itu menyerukan kepada kader-kader ICMI agar melestarikan ajaran-ajaran Pancasila sebagai komitmen mewujudkan peradaban madani.

"Kita perlu mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila sebagai upaya membangun peradaban Indonesia madani," demikian Hidayat Syarief. (*)

ANT/E011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010