Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Republik Rakyat China mengapresiasi peran Indonesia dalam menjaga stabilitas kawasan, termasuk di Selat Malaka dan Laut China Selatan.

Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata China (People`s Liberation Army/PLA) Letjen Qi Jianguo menyampaikan hal itu saat mengadakan pertemuan dengan Kasum TNI Marsdya TNI Edy Harjoko di Mabes TNI, Jakarta, Rabu.

Jianguo menambahkan, peran besar Indonesia di kawasan juga tidak terlepas dari kerja sama erat yang dibangun Indonesia dengan negara-negara kawasan terutama Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan keinginan China untuk dapat terus meningkatkan kerja sama dengan Indonesia terutama di bidang pertahanan dan militer.

Jianguo menilai, pentingnya kedua negara meningkatkan kerja sama melalui program yang lebih nyata di bidang pendidikan, latihan, pertukaran informasi serta transfer teknologi oleh militer kedua negara.

Ia juga berpendapat untuk meningkatkan kerja sama industri strategis kedua negara dalam rangka pemenuhan kebutuhan peralatan militer kedua pihak.

Jianguo berharap China dan Indonesia dapat terus menjalin kerja sama yang baik, bersama negara-negara ASEAN lainnya untuk menjaga stabilitas kawasan termasuk di Laut China Selatan.

Pada kesempatan yang sama Kasum TNI Marsdya TNI Edi Harjoko mengatakan, selama ini kerja sama militer kedua negara telah berjalan baik.

Kerja sama yang dilaksanakan diantaranya bidang sumber daya manusia (SDM) melalui pertukaran kunjungan oleh para perwira, pendidikan dan latihan baik perwira maupun bintara dari Angkatan Darat, Laut dan Udara termasuk pasukan khusus kedua negara dalam latihan antiteror.

Selain itu dilakukan juga kerja sama pasukan penjaga perdamaian dan penanggulangan bencana alam.(*)

R018/Z002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010